PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK PENDIDIK PAUD DI KEC BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan kepada Pendidik PAUD di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Materi pelatihan yang diberikan pengetahuan teknologi dibidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Apalagi dibanyak temuan dilapangan banyak guru / tenaga pendidik PAUD yang masih belum pendidikan sarjana, jika sudah pendidikan sarjana tetapi bukan dari lulusan sarjana PAUD. Teknologi disini bisa dimanfaatkan pada saat proses pembelajaran kepada peserta didik seperti dalam membuat media pembelajaran menggunakan media digital yang ditampilkan menggunakan projector, membuat video animasi pembelajaran atau video pembelajaran kreatif dan inovatif. Pendidik dikenalkan cara membuat slide presentasi yang dapat meningkatkan kemauan belajar anak. Luaran dari kegiatan ini adalah jurnal ilmiah yang dipublikasi, berita kegiatan yang dimuat / publikasi pada media massa online, modul ajar sebagai pegangan bagi tenaga pendidik. Dimasa pandemic, kegiatan dilaksanakan secara daring atau luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.
Downloads
References
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru Tk Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.579
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. Https://Doi.Org/10.24042/Atjpi.V8i1.2095
Gusteti, M. U., Rahmalina, W., & Desmariani, E. (2020). Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Menarik Dengan Smartphone Pada Guru Adzkia 1). 4(1), 26–35.
Kurnia, R., & Kurnia, R. (2020). Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 1, Oktober 2020. 4(1), 32–41. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika The Effectiveness Of E-Learning Using Online Media During The Covid-19 Pandemic In Mathematics. Al Asma: Journal Of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Patandung, Y. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Siswa. Journal Of Educational Science And Technology (Est). Https://Doi.Org/10.26858/Est.V3i1.3508
Roki Hardianto, Fajrizal, Y. D. (2020). Pelatihan Menggunakan Sistem Informasi Geografis Lokasi Lembaga Swadaya Masyarakat Di Kesbangpol Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(2), 78–85. Https://Doi.Org/10.36341/Jpm.V3i2.1006
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9759
Subekti, A. S., & Kurniawati, L. A. (2020). Pelatihan Mendesain Pembelajaran Daring Menarik Selama Pandemi Covid-19 Dengan Teknologi Pembelajaran Sederhana. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 588–595. Https://Doi.Org/10.31849/Dinamisia.V4i4.4679
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. Https://Doi.Org/10.21107/Metalingua.V5i1.7072
Wulandari, M. (2016). Analisis Strategi Humas Untuk Meningkatkan Penerimaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Unesa. Jurnal Administrasi Perkantoran (Jpap).