PKM PENERAPAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DESA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN YANG PRIMA KEPADA MASYARAKAT PADA DESA. PERBULAN, KEC. LAU BALANG, KAB. KARO, SUMUT

  • Ajulio Padly Sembiring Politeknik Negeri Medan
  • Sharfina Faza Politeknik Negeri Medan
  • Andam Lukcyhasnita Politeknik Negeri Medan
  • Gunawan Politeknik Negeri Medan
Keywords: Sistem, Website, Online, Digitalisasi

Abstract

Desa Perbulan, Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara membutuhkan kehadiran perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan perangkat desa terhadap masyarakatnya. Dimana dewasa ini seluruh aktifitas pekerjaan sudah menggunakan komputer yang tentunya memudahkan dan menghemat biaya dan waktu dalam setiap pekerjaan, namu di Desa Perbulan Kab. Karo masih minim penggunaan kumputer dan sistem komputer dalam melayani masyarakat yang berakibat labatnya setiap proses administrasi yang dilakukan oleh masyarakat kepada pemerintahan desa. Tentutnya kondisi ini sangat merugikan masyarakat dimana masyarakat harus meniggalakan pekerjaan berhari-hari hanya demi mengurus selembar surat di kantor desa. Dari msalah ini kami menawarkan pembangunan Sistem Informasi Manajeman Desa untuk memudahkan seluruh pekerjaan perangkat desa untuk melayanin masyarakan desa, dimana sistem yang akan dibangun berbasis web yang akan di online-kan dan dapat di akses oleh seluruh masyarakat yang akan menghasilkan transparansi pemerintah desa terhadap mesyarakat dan akan menghasilkan kepercayaan masyarakat terhapat pemerintahan desa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariefni, D. F., & Legowo, M. B. (2018). Penerapan Konsep Monitoring Dan Evaluasi Dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa Di Perbanas Institute Jakarta. JuTISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 4(3), 422–432-422–432.

Lambuaso, D. H., Pangemanan, S., & Monintja, D. (2020). INOVASI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DESA ESSANG SELATAN. JURNAL EKSEKUTIF, 2(5).

Nugraha, A. R., Pramukasari, G., & Sumaryana, Y. (2017). Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA), 4(2).

PONGOLIU, R. R., Saerang, D., & Manossoh, H. (2017). Analisis Kendala Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK Pada Pemerintah Provinsi Gorontalo. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING" GOODWILL", 8(1).

Rahman, M. (2017). Ilmu administrasi (Vol. 1): Sah Media.

Rompas, R. A., Pangemanan, S., & Kalalo, M. (2018). Evaluasi efektivitas pengendalian intern sistem informasi akuntansi penggajian rsup. Prof. Dr. RD Kandou manado. Going concern: jurnal riset akuntansi, 13(02).

Sophian, S. (2016). Sistem Informasi Pengolahan Data Pada Koperasi Rezeky. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 9(1), 48-55.

Buku :

Sudirman, A., Muttaqin, M., Purba, R. A., Wirapraja, A., Abdillah, L. A., Fajrillah, F., . . . Simarmata, J. (2020). Sistem Informasi Manajemen: Yayasan Kita Menulis.

Wahyono, T. (2004). Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, M., SPi, M., Daris, L., & SPi, M. (2019). Analisis Data Penelitian: Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan: PT Penerbit IPB Press.

Published
2022-01-03
How to Cite
Sembiring, A. P., Faza, S., Andam Lukcyhasnita, & Gunawan. (2022). PKM PENERAPAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DESA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN YANG PRIMA KEPADA MASYARAKAT PADA DESA. PERBULAN, KEC. LAU BALANG, KAB. KARO, SUMUT. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(1), 71-76. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i1.8569
Abstract viewed = 104 times
PDF downloaded = 88 times