PKM SCALE UP DAN PENGEMBANGAN PRODUK INDUSTRI HADYCRAFT DESA BERINGIN KECAMATAN LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA

  • Andi Supriadi Chan Politeknik Negeri Medan
  • Nofriadi Politeknik Negeri Medan
  • Annalisa Sonaria Hasibuan Politeknik Negeri Medan
Keywords: PKM, Produksi, Desa beringin, Handycraft, UMKM

Abstract

Desa beringin merupakan Mayoritas penduduknya adalah dominan ditempati oleh masyarakat transmigran dan pendatang. Rata-rata mereka yang berasal dari suku jawa dan melayu. dilihat dari letak geografisnya maka mata pencarian utama masyarakat desa beringn adalah pertanian ,peternakan Nelayan dan UMKM. Dilihat dari letak desa beringin yang berada pada dataran rendah maka jenis tanah disini adalah tanah kering sehingga tanaman yang ada didominasi oleh pertanian seperti padi , perikanan dan usaha mikro lainnya yang  memiliki Potensi untuk di kembangkan.salah satunya adalah usaha handycraft Suka Maju berupa kerajinan berbahan dasar kayu seperti pembuatan kandang, sangkar burung dan tusuk sate. Usaha ini dikelola oleh beberapa orang dan memanfaatkan masyarakat sekitar sebagai karyawan. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kelompok produktif ini seperti kekurangan teknologi alat mesin dalam setiap proses poduksi yang dilakukan , baik dari kegiatan pengolahan bahan baku, pengemasan hingga pemasaran dan manajemen SDM. Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdi ini untuk menyelesaiakan permasalahan yang dihadapi oleh mitra UMKM Handycraft Suka Maju dengan penerapan Iptek yang dibuat untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara penggunaan mesin kerja, Pelatihan dalam penggunaan alat kerja , Pelatihan Keahlian kerja, Desain Kemasan dan Pelatihan Kreatifitas, serta pemanfaatan teknologi dan social media dalam promosi dan penjualan. desain kemasan penjualan diberikan kepada mitra untuk mendukung Nilai jual produk yang telah dihasilkan.setelah itu akan diberikan pelatihan dan pemberdayaan kepada kelompok produktif tersebut terhadap penggunaan dan perawatan alat yang diberikan serta pelatihan manajemen SDM yang dimiliki agar dapat berkembang menjadi lebih baik dan mandiri serta pengenalan pentingnya merek dagang pada produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS. 2019. “Kecamatan Lubuk Pakam Dalam Angka.” 3–51.

Chan, Andi Supriadi, and Nurul Azwanti. 2018. “PEMBINAAN KEWARGANEGARAAN DIGITAL SERTA KOMUNIKASI DIGITAL BAGI MASYARAKAT PERUMAHAN GRIYA PRATAMA.” 2(1):91–95.

Covid19.go.id. 2020. “No Title.” Www.Covid19.Go.Id.

Hardilawati, Wan laura. 2020. “Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika 10(1):89–98.

Herliyani, Elly. 2021. “OPTIMALISASI PERAN UMKM PENGERAJIN HANDYCRAFT DALAM MENUNJANG OPERASIONALISASI USAHA DI MASA PANDEMI.” 1997–2002.

Radius Setiyawan, and Sri Lestari. 2020. “PEMBERDAYAAN EKONOMI UKM DENGAN ECO- PRODUK HANDICRAFT DI JEDONG SEKARPUTIH BALONGPANGGANG GRESIK.” 1(1):1–11.

Rizal, Yani, Safrizal, and Muhammad Fuad. 2020. “Pendampingan Pengembangan Desa Dan Manajemen Usaha Produk Kerajinan Anyaman Pandan Di Desa Alue Dua Muka’O Kecamatan IDI Rayeuk Kabupaten Aceh Timur.” Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):434–46.

SAPUTRO, TRI AGUNG TEGAR AJI. 2019. STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PADA HANDYCRAFT PIJAR EMAS UNTUK MEMPERTAHANKAN BISNIS DI MASA COVID-19. Vol. 1.

Published
2022-01-03
How to Cite
Chan, A. S., Nofriadi, & Hasibuan, A. S. (2022). PKM SCALE UP DAN PENGEMBANGAN PRODUK INDUSTRI HADYCRAFT DESA BERINGIN KECAMATAN LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(1), 53-63. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i1.8644
Abstract viewed = 73 times
PDF downloaded = 46 times