PENINGKATAN PRODUKSI RUMAH BATIK SITI KHADIJAH, KECAMATAN MEDAN TIMUR, PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Harris Pinagaran Nasution Politeknik Negeri Medan
  • Djames Politeknik Negeri Medan
  • Nursiah Politeknik Negeri Medan
Keywords: Produksi, Batik Khas, Rumah Batik Siti Khadijah

Abstract

Berkembangnya batik Sumatera Utara menjadi suatu hal yang menarik untuk diperhatikan, karena industri ini sangat berpotensi dalam mengangkat budaya lokal dan menjadi alternatif pilihan di tengah-tengah tren batik yang kini sedang pesat dan maju bagi tren fashion. Rumah Batik Siti Khadijah di Jalan Gunung Mahameru Glugur Darat Medan, yang mengangkat batik dengan khazanah budaya lokal. Rumah Batik Siti Khadijah didirikan sekitar April 2018 dan produk yang dihasilkan berupa batik cap dan batik tulis dengan motif ornamen Sumatera Utara.

Proses produksi pembuatan batik khas Medan yang dilakukan dirumah produksinya, namun saat ini kesulitan saat produksi dalam melakukan desain motif cetak karena komputer dan printer hanya 1 unit yang juga digunakan untuk kegiatan administrasi/pembukuan. Faktor keterbatasan dana yang membuat rumah produksi masih menggunakan 1 unit komputer PC saja.

Kendala keterbatasan proses produksi terutama desain motif-motif dari Rumah Batik dapat diatasi dengan penerimaan alat produksi berupa Laptop yang diberikan Tim PKM. Selain itu melalui pemberian pelatihan pemasaran dengan mempergunakan media online dan offline dengan strategi yang tepat, akan membuat produk Rumah Batik ini lebih dikenal khalayak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anang Firmansyah. M. “Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy),” CV. Penerbit Qiara Media. Cetakan pertama, 2019

D. Ratih Sulistyastuti. “Dinamika Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Analisis Konsentrasi Regional UKM di Indonesia 1999-2001”, Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 9 No. 2, Desember 2004, Hal: 143 – 164

F. Ramadini dan I. Sari Nasution. “Strategi Pengembangan UKM Batik di Kota Medan”, National Conference of Applied Sciences, Engineering, Business and Information Technology. Politeknik Negeri Padang, 15 – 16 Oktober 2016, ISSN:2541-111x

Indah, Beby. (12 Juni 2021). Wawancara pribadi Pemilik Rumah Batik Siti Khadijah.

Iskandar dan Kustiyah, Eny. “BATIK SEBAGAI IDENTITAS KULTURAL BANGSA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI”, Jurnal Gema, GEMA,THN XXX/52/Agustus 2016 - Januari 2017, Hal : 2456 - 2472

Rosyada, Muhammad dan Tamamudin. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Batik Tulis Kota Pekalongan Sebagai Upaya Pelestarian Budaya dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat”, Jurnal Darmabakti 01-02 (2020) 041050

Siregar, Reza Ansari. (12 Juni 2021). Wawancara pribadi pengelola Rumah Batik Siti Khadijah.

https://www.ukmkotamedan.com/angkat-budaya-lokal-rumah-batik-siti-khadijah-tangkap-peluang-dari-batik?v=1 di akses tanggal 1 Maret 2021

https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/di

akses 14 Desember 2021

https://www.niagahoster.co.id/blog/online-marketing/ di akses 14 Desember 2021

Published
2022-01-03
How to Cite
Nasution, H. P., Djames, & Nursiah. (2022). PENINGKATAN PRODUKSI RUMAH BATIK SITI KHADIJAH, KECAMATAN MEDAN TIMUR, PROVINSI SUMATERA UTARA. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(1), 64-70. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i1.8657
Abstract viewed = 53 times
PDF downloaded = 29 times