Podcast 'Bocor Alus Politik Tempo': Podcast Tempo Versus Erick Thohir

  • Tri Agus Susanto Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD
Keywords: media massa, media sosial, podcast

Abstract

Erick Thohir membawa podcast Bocor Alus Politik Tempo ke Dewan Pers. Menteri BUMN itu keberatan tayangan podcast milik Tempo Grup itu karena tidak professional, tidak berimbang dan tanpa verfikasi. Dewan Pers kemudian memutuskan podcast Tempo bersalah melanggar tiga pasal dalam Kode Etik Jurnalistik, dan untuk itu Tempo dihukum meminta maaf kepada Ercik Thohir. Mengapa media yang mempunyai reputasi sangat bagus itu bisa melakukan kesalahan yang cukup berat? Podcast Tempo yang bergaya seperti bukan produk pers misalnya Deddy Corbuzer dan Akbar Faisal itu menarik dicermati. Kajian ini ingin menjawab pertanyaan mengapa podcast Tempo seperti fenomena clickbait, mencari sensasi, dengan mengabaikan akurasi? Selain melalui studi pustaka, juga dilakukan diskusi dengan Staf Menteri BUMN, Nezar Patria. Perkembangan dan persaingan antara media massa dan media sosial saat ini membuat media massa bisa tergelincir menjadi media social. Dengan dibawanya podcast Bocor Alus Tempo ke Dewan Pers membuat pengelola podcast ini lebih hati-hati. Konten-konten berikutnya selain lebih hati-hati juga meningkat akurasinya dan tidak melanggar Kode etik Jurnalistik. Kasus ini juga menjadi pembelajaran bagi podcast serupa yang dikelola media massa arus utama seperti podcast Tribun News.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Latif, Das’ad. 2002. Media Sosial, Suatu Alternatif. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Fadeli, Mohammad, dkk. 2017. Turn Back Hoax, Tantangan Literasi Media Digital.
Sudibyo, Agus. 2022. Media Massa Nasional Menghadapi Disrupsi Digital.. KPG, Jakarta.
Kovack, Bill dan Rosenstiel, Tom. 2001. Sembilan Elemen Jurnalisme, Apa yang Seharusnya Diketahui Wartawan dan Diharapkan Publik. Pantau, Jakarta.
Pers, Dewan. 2008. Cara Mudah Memahami Kode Etik Jurnalistik & Dewan Pers. Dewan Pers, Jakarta.
McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Rosda Karya. Bandung
www.liputan6.com (18/7/2023).
Undang Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999
Undang Undang Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002
Published
2023-08-27
How to Cite
Susanto, T. A. (2023). Podcast ’Bocor Alus Politik Tempo’: Podcast Tempo Versus Erick Thohir. JOELS: Journal of Election and Leadership , 4(2), 110-119. https://doi.org/10.31849/joels.v4i2.15747
Abstract viewed = 577 times
PDF downloaded = 240 times