PENGARUH MODEL ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY (ALID) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERIGERAK TUMBUHAN

  • Ermina Sari
Keywords: Accelerated Learning Included by Discovery (ALID), hasil belajar, gerak tumbuhan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Accelerated Learning
Included by Discovery (ALID) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan kelas
VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen
dengan the matching onlypretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil
dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan Uji-t independent 2
samples. Berdasarkan hasil uji-t N-Gain, rerata N-Gain kelas kontrol adalah 0,56 (kategori
sedang) dan kelas eksperimen adalah 0,79 (kategori tinggi). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Accelerated Learning Included by Discovery
(ALID) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan kelas VIII SMP Negeri 4
Pekanbaru T.A 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-02-20
How to Cite
Sari, E. (2016). PENGARUH MODEL ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY (ALID) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERIGERAK TUMBUHAN. Lectura : Jurnal Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v7i1.238
Section
Articles
Abstract viewed = 222 times
Pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

> >>