PENGARUH MODEL ACCELERATED LEARNING INCLUDED BY DISCOVERY (ALID) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERIGERAK TUMBUHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Accelerated Learning
Included by Discovery (ALID) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan kelas
VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen
dengan the matching onlypretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil
dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan Uji-t independent 2
samples. Berdasarkan hasil uji-t N-Gain, rerata N-Gain kelas kontrol adalah 0,56 (kategori
sedang) dan kelas eksperimen adalah 0,79 (kategori tinggi). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Accelerated Learning Included by Discovery
(ALID) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak tumbuhan kelas VIII SMP Negeri 4
Pekanbaru T.A 2015/2016.