PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPASMA NURUL FALAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014

  • Ermina Sari
Keywords: Group investigation, hasil belajar, sistem pernapasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group
Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA SMA
Nurul Falah Pekanbaru. Penelitian ini termasuk kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah
preetest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA
di SMA Nurul Falah Pekanbaru dengan sampel sebanyak 68 siswa yang diambil dengan
menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest,
posttest dan lembar observasi siswa dan guru. Teknik analisis data menggunakan uji-t jika data
berdistribusi normal dan varians homogen. N-gain kelas kontrol dengan kategori sedang (0,52)
dan kelas eksperimen dengan kategori tinggi (0,75). Hasil uji-t N-gain terdapat perbedaan
signifikan antara N-gain kelas kontrol dan N-gain kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation
terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di kelas XI IPA SMA Nurul Falah
Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-02-20
How to Cite
Sari, E. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEGROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPASMA NURUL FALAH PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014. Lectura : Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v5i1.151
Section
Articles
Abstract viewed = 198 times
Pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

> >>