Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

  • Syaparudin Bs Mahasiswa Pascasarjana Universitas Lancang Kuning
  • Arizal N Universitas Lancang Kuning
  • Ririn Handayani Universitas Lancang Kuning
Keywords: Content Marketing, Influencer, Media Sosial, Pembelian Konsumen

Abstract

Penelitian ini mencoba menganalisis pengaruh content marketing, influencer, dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen khususnya pengguna TikTok di kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel yaitu content marketing (X1), influencer (X2), dan media sosial (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner kepada 150 responden dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap setiap variabel. Kemudian analisis data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel content marketing, influencer, dan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t juga menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel content marketing, influencer, dan media sosial secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Adjusted R square sebesar 0,778 menunjukkan bahwa 77,8 persen variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 22,2 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Byrnе, Е., Kеаrnеy, J., MacEvilly, C. (2017). Thе Rоlе оf Influеncеr Mаrkеting аnd Sоciаl Influеncеrs in Public Hеаlth. Prоcееdings оf thе Nutritiоn Sоciеty. Vol. 76 Issue OCE3: Irish Section Meeting, 21–23.
Fadhilah, & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnalekonomi, keuangan dan manajemen, 505-512.
Hariyanti, N dan Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal eksekutif Volume 15; 113-146.
Hariyanti, Novi Tri dan Alexander Wirapraja, (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Sebauh Studi Literature), Jurnal Eksekutif, Vol. 15 No. 1 (Juni-2018).
Hutabarat, Julius Ripandi. (2020). Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk Eiger. Universitas HKBP Nommensen. Jurnal Stindo Profesional Vol. VI, No. 2 Maret 2020 I S S N : 2443 – 0536
Jain, Ayus dkk. (2019). Impact of Influencers on The Buying Behaviour and Attitude of Individuals. International Journal of Advanced Research (IJAR).
Kaplan, A. M. (2015). Social Media, the Digital Revolution, and the Business of Media. JMM International Journal on Media Management, 17(4), 197–199.
Karr, D. (2016). How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. San Francisco: Meltwater.
Kotler, Philip dan kevin lane keller. (2016). Marketing Management 15 Edition. Pearson Education.
Milhinhos, P. R. (2015). The Impact of Content Marketing On Attitudes and Purchase Intentions of Online Shoppers: The Case of Videos & Tutorials and User-Generated Content. Rio De Janeiro.
Pertiwi, Dewanti., Henni Gusfa. (2018). Pengaruh content marketing terhadap pembentukan brand Awareness pada kalbis institute. Jurnal Media Kom, Vol VIII, No 2
Prasetya, A. Y., Astono, A. D., & Ristianawati, Y. (2021). Analisa Startegi Pengaruh Influencer Marketing Di Social Media, Online Advertising Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko On Line Zalora). Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), Vol 12 No 2, 138-151.
Pulizzi & Barrett, N. (2009). Get Content Get Customers. New York: McGraw Hill
Pulizzi, J. (2014). Epic Content Marketing How to Tell A Different Story, Break Through The Clutter, and Win More Customers by Marketing Less. USA : McGraw-Hill
Robbins, Stephen P., dan Mary Coulter. (2010). Manajemen. Edisi 2. Erlangga. Jakarta.
Seo, E. J., & Park, J. W. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management. 66, 36-41.
Sudiyatmoko, R. (2015). Panduan optimalisasi media sosial untuk kementrian perdagangan RI.
Tjiptono, Fandy, dan Gregorius, C. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Andi offset. Yogyakarta.
Published
2023-12-29
How to Cite
Bs, S., Arizal N, & Ririn Handayani. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(2), 78-83. https://doi.org/10.31849/jmbt.v5i2.14231
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times