Analisis Pengaruh Strategi Pengembangan Manajemen SDM dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Green Global Sarana Dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Intervening

  • M. Dunir Universitas Lancang Kuning
  • Fatkhurahman Universitas Lancang Kuning
  • Bambang Supeno Universitas Lancang Kuning
Keywords: Strategi Pengembangan SDM, Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang memiliki pengaruh besar terhadap kinerja karyawan PT. Green Global Sarana. Proposive sampling yang didasarkan pada kriteria tertentu adalah teknik pengambilan sampel yang digunakan. Penelitian ini menggunakan 45 populasi dan 45 sampel. Data kemudian dianalisis statistik deskriptif, diikuti dengan analisis jalur, (Smart PLS). Terdapat uji outer model dan inner modal dalam analisis partial last squares (PLS), dan koefisien determinasi yang mengukur seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 0,678% atau 0,695%. Hasil penelitian ini adalah: Strategi pengembangan SDM berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, Komunikasi organisasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, Strategi pengembangan SDM berpengaruh positif tidak signifikan terhadap budaya organisasi, Komunikasi organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap budaya organisasi, Budaya organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, Strategi pengembangan SDM berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja karyawan melalui budaya organisasi, dan Komunikasi organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan melalui budaya organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, M. R. (2020b). Effects of Altruistic Leadership on Knowledge Hiding among Subordinates: Testing a Dual Mediation Mechanism. (Doctoral dissertation, Da-Yeh University, Taiwan). Retrieved from: https://hdl.handle.net/11296/g3e8ug
Abdillah, M. R., Anita, R., & Anugerah, R. (2016). Dampak iklim organisasi terhadap stres kerja dan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen, 20(1), 121-141.
Allen, N. dan Meyer, J. P. (1990). The Measurement And Antecedents Of Affective, Continuance, and Normative Commitment To The Organization. Journal of Occupational Psychology, 63(1), 1-18
Allen, N. J. dan J. P. Meyer. (1997). Commitment in The Workplace Theory Research and Application. California Sage Publications, 76 (1), 38-56.
Avolio, B.J. (2003), “Examining the full range model of leadership: looking back to transform forward”, in Day, D. and Zaccarro, S. (Eds), Leadership
Anita, R., Abdillah, M. R., & Zakaria, N. B. (2021). Authentic leader and internal
whistleblowers: testing a dual mediation mechanism. International Journal of Ethics and Systems, 37(1), 35-52. https://doi.org/10.1108/IJOES-03-2020-0036
Bass, B.M. (1985), Leadership and Performance beyond Expectations, The Free Press, New York, NY.
Bass, B.M. (1990), Bass and Stogdill’s Handbook of Leadership, 3rd ed., The Free Press, New York, NY.
Bass, B.M. (1998), Transformational Leadership: Industrial, Military, and Educational Impact, Lawrence Erlbaum Associates, Mahwah, NJ.
Bass, B.M. and Avolio, B.J. (1993), “Transformational leadership: a response to critiques”, in Chemmers, M.M. and Ayman, R. (Eds), Leadership Theory and Research: Perspective and Direction, Academic Press, San Diego, CA, pp. 49-58.
Bass, B. and Riggio, R. (2006), Transformational Leadership, Lawrence Erlbaum Associates, Mahwah, NJ.
Buil, I., Martínez, E., & Matute, J. (2019). Transformational leadership and employee performance: The role of identification, engagement and proactive personality. International Journal of Hospitality Management, 77, 64-75.
Chaoping, L., Bao, T. and Kan, S. (2006), “Transformational leadership and employee work attitudes: the mediating effects of multidimensional psychological empowerment”, Acta Psychologica Sinica, Vol. 38 No. 2, pp. 297-307.
Davis, A. and Kleiner, B. (1989), “The value of humor in effective leadership”, Leadership & Organization Development Journal, Vol. 10 No. 1, pp. 1-3.
Davis, J.H., Schoorman, F.D., Mayer, R.C. and Tan, H.H. (2000), “The trusted general managerand business unit performance: empirical evidence of a competitive advantage”, StrategicManagement Journal, Vol. 21, pp. 563-76.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares, konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program Smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hughes and Avey. (2008) “Transforming with levity: humor,leadership, and follower attitudes”
Kohler, G. and Ruch, W. (1996), “Sources of variance in current sense of humor inventories: how much substance, how much method variance?”, Humor: International Journal ofHumor Research, Vol. 9, pp. 363-97.
Published
2023-06-14
How to Cite
M. Dunir, Fatkhurahman, & Bambang Supeno. (2023). Analisis Pengaruh Strategi Pengembangan Manajemen SDM dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Green Global Sarana Dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(1), 41-49. https://doi.org/10.31849/jmbt.v5i1.14518
Abstract viewed = 102 times
PDF downloaded = 242 times