Peningkatan Aktivitas Belajar melalui Latihan Bercerita pada Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar anak lewat latihan bercerita pada anak kelompok B Di TK Active Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus. Data pemelitian melalui pengamatan, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 85 anak dan sampel penelitian adalah Kelas B3 berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian anak lewat metode bercerita bisa meningkat lewat langkah-langkah ini:(1) anak dikondisikan guru, (2) guru memberitahukan judul cerita yang sesuai tema, (3) guru mengenalkan media nyata sesuai pada tema, (4) guru bercerita isi cerita, dan (5) pada bagian akhir guru memberi pertanyaan ke anak buat mengetahui ingatan dan pemahaman anak pada cerita yang sudah diceritakan guru. Perlu juga pemberian reward bagi anak mampu menjawab pertanyaan dan bisa menceritakan kembali isi cerita untuk menambah motivasi anak. Meningkanya aktivitas belajar anak yang terjadi di setiap pertemuan dari Pra Tindakan, Siklus I dan Siklus II. Pada pra tindakan aktifitas belajar kriteria aktifitas belajar berkembang sangat baik hanya sebesar 7% (1 anak), kemudian pada siklus I perhatian anak kriteria aktifitas belajar berkembang sangat baik mencapai 60% (9 anak), dan siklus II meningkat kembali mencapai 93% (14 anak).
Downloads
References
Djuko, R. (2021). Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar di PAUD Andini Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(4), 129. https://doi.org/10.37905/dikmas.1.4.129-136.2021
Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.
Ice Aisah. (2019). Strategi Penumbuhan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita (Studi Kasus Di Pendididkan Anak Usia Dini (Paud) Matahari Rw X1V Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi). Jurnal Empowermnet, 1(2), 1–9.
Izzati, L. (2020). PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Pendidikan Tambusai, 4. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.486
Kartini, Y. (2013). Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Gambar Seri Pada Anak Kelompok B TK Kanisius Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Ums.
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Marwiyati, S. & I. (2021). Pembelajaran Sanintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Tanam Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.508
Mastulfiah. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Nelajar Siswa Pada TK Wardhatussholihin Melalui Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pembelajaran. Langsat, 4. https://rumahjurnal.net/langsat/article/view/76
Murningsih, S. (2014). Upaya Meningkatkan Perhatian Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi II Kaliwuluh, Kebakramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Diakses 2014. UMS. http://eprints.ums.ac.id/24890/12/naskah_publikasih.pdf
Nurdiani, Y. (2013). Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Study Kasus Di PAUD Daarul Piqri Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan). Empowerment, 2(2), 85–93.
Nurrahman, A. (2019). Peran Serta Media Pembelajaran Dalam Memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 101–105. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453
Parjilah. (2019). Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak Secara Sederhana Sederhana dengan Media Gambar di Kelompok A3 TK Aba Mertosanan Banguntapan Bantul. UNY.
Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age, 5. https://orcid.org/0000-0001-9285-9821
Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(4), 297. https://doi.org/10.36722/sh.v2i4.177
Zahriani, N. (2021). Kinerja Guru dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Swasta Tunas Bangsa Medan. Penelitian.
Zein, R., & Puspita, V. (2020). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581
Zuli Dwi, R. (2020). Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. TA‟LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113.
Copyright (c) 2022 imbal isro wiyatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.