Kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui permainan teka-teki bergambar
Kemampuan berbicara
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui permainan teka-teki bergambar di RA Gema Islami Jatikramat Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas, atau dikenal dengan classroom action research yaitu penelitian tentang, untuk dan oleh masyarkat/kelompok sasaran, dengan memanfaatkan interaksi, partisipasi, dan kolaborasi antara peneliti dengan kelompok sasaran. metode penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran bertahap dan terus menerus, selama penelitian dilakukan. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakn melalui dua siklus untukmelihat peningkatan kemampuan berbicara anak melalui permainan teka-teki bergambar dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah anak usia 5-6 tahun yang berada pada kelompok B dengan jumlah 10 anak 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakn di lokasi Ra Gema Islami Jatikramat Bekasi. Teknik pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini ialah observasi partisipasi lengkap yang artinya dalam melakukan pengumpulan data, peneliti terlibat sepenuhnya dalam pembelajaran.
Downloads
Copyright (c) 2022 Kamilatul husna Husna, Wening Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.