Hubungan Ketergantungan Gadget dengan Pendekatan REBT terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PG-PAUD FKIP UNILAK

  • Sean Marta Efastri Universitas Lancang Kuning
  • Azlin Atika Putri Universitas Lancang Kuning
  • Siti Fadillah Universitas Lancang Kuning
Keywords: gadget dependency, rebt approach, learning motivation

Abstract

Abstrak

Penggunaan gadget yang tepat secara langsung atau tidak langsung mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa di lingkungan kampus. Mahasiswa yang memiliki cara belajar yang baik akan selalu membagi waktu secara efektif dan efisien untuk melaksanakan semua aktifitas belajar, baik di kampus maupun di luar kampus. Di samping itu, mereka juga akan mampu menetapkan skala prioritas, membagi waktu yang jelas terhadap objek atau kegiatan yang dilakukan. Dalam kaitan pentingnya menggunakan gadget yang baik terhadap motivasi belajar siswa sehingga dengan menggunakan pendekatan REBT dapat mengurangi pengaruh negatif dari penggunaaan gadget tersebut.

Abstract

The use of the right gadgets directly or indirectly has an effect on students' motivation in the campus environment. Students who have a good way of learning will always divide the time effectively and efficiently to carry out all learning activities, both on campus and off campus. In addition, they will also be able to set priorities, share clear time with objects or activities undertaken. In terms of the importance of using good gadgets for student learning motivation so using the REBT approach can reduce the negative influence of the use of the gadget.

Keywords: gadget dependency, rebt approach, learning motivation

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Sudrajat. 2008. ‘IQ, EQ, dan SQ: Dari Kecerdasan Tunggal ke Kecerdasan Majemuk”. http://www.psb-psma.org/content/blog. Diakses pada tanggal 21 Oktober 2013 pada pukul 12.30.
Anas Sudjiono. 2009. Pengantar Statis Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Anesty, Esya. 2009. Konseling Kelompok Behavioral untuk Mereduksi Perilaku Bullying Siswa SMA. Skripsi. Bandung: Jurusan PBB FIB Universitas Pendidikan Indonesia. (Tidak diterbitkan).
Badrujaman, Aip. 20011. Penggunaan Pendekatan Rasional Emotif Behaviour Therapy (REBT) pada Setting Sekolah di Indonesia. Bandung. Makalah.
Corey, Gerald. 2009. Teori dan Prakterk Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Sriwahyuni, S., & Efastri, S. M. (2017). PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DARI POTENSI SUMBER DAYA ALAM. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1, Des), 5-9.
Creswell, J.W.2009. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Published
2018-04-02
How to Cite
Efastri, S. M., Putri, A. A., & Fadillah, S. (2018). Hubungan Ketergantungan Gadget dengan Pendekatan REBT terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PG-PAUD FKIP UNILAK. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 134-143. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1172
Abstract viewed = 870 times
sean.pdf downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)