Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau

  • Azlin Atika Putri Universitas Lancang Kuning
Keywords: Speech Capability, Age 4-5 Years

Abstract

Abstrak                                                                            

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi DWP Setda Provinsi Riau. Penelitian ini dilaksanakan di TK Pertiwi DWP Setda Provinsi Riau pada kelompok A (usia 4-5 tahun). Adapun penelitian ini dilakukan selama 3 bulan, dimulai dari bulan februari sampai dengan April 2012. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 tahun di TK DWP Setda Provinsi Riau yang ditunjukkan dengan indikator dapat mendengarkan, membedakan, dan mengucapkan bunyi, suara tertentu, dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan, dapat memperkaya kosakata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari, dapat menceritakan gambar, dapat mengenal hubungan antara bahasa lisan dan tulisan, dan dapat mengenal bentuk-bentuk simbol sederhana adalah secara keseluruhan menunjukkan penilaian yang “baik”. Kemudian jika dilihat perolehan skor kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK DWP Setda Provinsi Riau di atas, maka dapat diketahui bahwa kemampuan berbicara anak yang dominan terdapat pada kategori sedang yaitu sebanyak 21 anak (70%), sedangkan kemampuan berbicara anak pada kategori tinggi sebesar 17% dan rendah sebesar 13%.

Abstract

The objectives of this research is to the ability to speak 4-5 years old children in TK Pertiwi DWP Setda Riau Province. This research was conducted at TK Pertiwi DWP Setda Riau Province in group A (age 4-5 years). The study was conducted for 3 months, starting from February to April 2012. Based on the discussion of the research results it can be concluded that the ability to Speak Kids 4-5 years in Kindergarten DWP Setda Riau Province indicated by indicators to listen, distinguish and pronounce sounds, sounds, can communicate / speak verbally, can enrich the vocabulary necessary to communicate daily, can tell the picture, can recognize the relationship between spoken and written language, and can know the forms of simple symbols as a whole shows the assessment "good". Then, if we can see the score of speaking ability of children aged 4-5 years in Kindergarten DWP Setda Riau Province above, it can be seen that the dominant speech ability of children is in the moderate category that is as much as 21 children (70%), while the ability to speak children in the category high by 17% and low by 13%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmar, A. S., Kurniasih, N., Irawan, D. E., Sutiksno, D. U., Napitupulu, D., Hafid, H., ... & Iskandar, A. (2018, January). Lecturers’ Understanding on Indexing Databases of SINTA, DOAJ, Google Scholar, SCOPUS, and Web of Science: A Study of Indonesians. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 954, No. 1, p. 012026). IOP Publishing.

Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Anwar. 2004. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Alfabeta.
Djago Tarigan, dkk. 2001. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
________________________. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Imam Musbikin. 2010. Buku Pintar PAUD. Yogyakarta: Laksana.
Mardalis. 1999. Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Masitoh. 2008. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas terbuka
Muhammad Asrori. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima
Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Rita Kurnia. 2009. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani
___________. 2010. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Santosa, dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Syaiful Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Syamsu Yusus. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda
Published
2018-04-02
How to Cite
Putri, A. A. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115-122. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1169