Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Teknik Ecoprint
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas pada diri anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan teknik ecoprint. Penelitian ini dilaksanakan dengan penelitian eksperimen dan dianalisis secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah; anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, yang terjadi anak selalu bertanya tentang apa yang dia lihat pada saat menjelajahi lingkungan di sekitar sekolah. Berdasarkan pengujian posttest diperoleh rata-rata eksperimen dan kelas kontrol secara numerik menunjukan perbedaan kelas eksperimen yang memilikin rata-rata 73,75 dan kelas kontrol 58,125. Hal ini menunjukan bahwa anak yang belajar dengan menggunakan teknik ecoprint memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dalam mengembangkan kreativitas dibandingkan kelas kontrol dan data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen dengan menggunakan uji-t maka diperoleh thitung = 1,895 ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,743 maka 1,895> 1,743 atau thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat ditunjukkan bahwa Penggunaan Teknik Ecoprint ini dapat Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Humairoh Pusat Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.
Downloads
References
Aryani, Y. A., Rahmawati, I. P., Nurrahmawati, A., & Arifin, T. (2022). Diversifikasi Produk Batik Ecoprint pada Masyarakat Desa Pokak Kabupaten Klaten. 04, 9–16.
Di, E., Iv, D., Saptutyningsih, E., Titis, D., & Wardani, K. (2017). PEMANFAATAN BAHAN ALAMI UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK.
Djok Adi Walujo. (2017). Kompendium PAUD : memahami PAUD secara singkat / Djok. Prenadamedia Group.
Dorthy, H., Sinaga, E., Siagian, Y., M, D. E. M., Informasi, P. S., Tinggi, S., Informatika, M., No, P. H. M. Y., Asahan, K., Utara, S., Manajemen, P., Tinggi, S., Ekonomi, I., Prasetya, E., No, J. M., & Utara, S. (2022). Pemanfaatan Tumbuhan Melalui Edukasi Eco-print Yang Ramah Lingkungan di Kecamatan Air Joman. 6(3), 43–48.
Dr. Masganti Sit, M.Ag., Dr. Khadijah, M.Ag. Fauziah Nasution, M. P. . . [da. 6 penulis lainnya] . (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini : teori dan praktik. Perdana Publishing.
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. 4, 1143–1155.
Hikmah, A. R., Retnasari, D., & Indonesia, D. (2020). Ecoprint sebagai alternatif peluang usaha fashion yang ramah lingkungan.
Hikmah, R., Sumarni, R. A., Studi, P., & Informatika, T. (2021). Pemanfaatan Sampah Daun dan Bunga Basah menjadi kerajinan ecoprinting. 2(1), 105–113.
Irianingsih, N. (2018). Yuk Membuat Eco Print Motif Kain Dari Daun Dan Bunga. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Iswandi U, I. D. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Alam. Deepublish.
Journal, C. D., Roza, H., Dewi, R. K., Dian, D., Wati, E., Amri, C., Mahaputra, U., Yamin, M., & Alam, B. (2022). Edukasi dan pemanfaatan bahan alam untuk pembuatan ecoprint. 3(2), 1209–1213.
Kapur, P. F., Tunjung, T. D. A. N., S, B. W. D., & Alvin, M. (2019). TEKNIK PEWARNAAN ALAM ECO PRINT DAUN UBI DENGAN. 17, 1–5.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2021). Surat Keputusan Jenderal Pendidikan Islam No. 3331 Tahun 2021 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada Tingkat Raudhatul Athfal. 34833236(4), 2–16.
Kurniati, E., & Karya, B. (2019). Strategi Pengembangan Kreativitas pada anak: Usia Taman Kanak-kanak. Kencana.
Palupi Widyastuti. (2006). Bahaya bahan kimia pada kesehatan manusia dan lingkungan = (hazardous chemicals in human and environmental health) / alih bahasa.
Pamadhi, H., & S, E. S. (n.d.). PAUD4403 – Seni Keterampilan Anak ( Edisi 2 ).
Qur’an kemenag.go.id. (n.d.). Al-Qur’an dan Terjemahan. 7, 1–3.
Sugiyono. (2014). Sugiyono. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911046
Suryani, H., & Megavitry, R. (2020). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pembuatan Ecoprint Pada Peserta Kursus Menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri Kota Makassar. 1(1), 43–50.
Yogi Yunefri, Zamzami , Heleni Filtri, Sri Wahyuni, Ledya Oktavia Liza, Psychological climate: conditioning for student organizational disease, Journal of Public Health, Volume 45, Issue 2, June 2023, Pages e387–e389, https://doi.org/10.1093/pubmed/fdad011
Nurliana Nasution, Yuvi Darmayunta, & Wahyuni, S. (2023). SOSIALISASI APLIKASI PELAPORAN TITIK SAMPAH (STUDI KASUS KELURAHAN LIMBUNGAN PEKANBARU) . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 40-48. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.12253
Dwirianto, S., & Sri Wahyuni. (2022). Learning Motivation of Children: Viewed from the Socio-Economic Aspect . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.11110
Putri, A. A., Fadillah, S., & Wahyuni, S. (2021). SOSIALISASI KARTU MENUJU SEHAT (KMS) ONLINE DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR. Jurnal ABDI PAUD, 2(2), 44–47. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19607
Yazid, M., Bastianudin, A., Saputra, T., Triatmojo, S., Pertiwiningrum, A., Perdana, D. A., Ebrianto, A. L., Sari, T. I., Sumatera, K., Darmanto, A., Soeparman, S., Widhiyanuriawan, D., Khaerunnisa, G., Rahmawati, I., Putri, A., Salahuddin, N. S., Gumay, M. G., Wisudawati, N., Gustiar, F., … Rahardjo, S. (2014). Unadang-Undang No 23 Tahun 2022. 152100.
Copyright (c) 2023 Heldanita Heldanita, Syarifah Wilda Dwi Putri1, Welli Marlisa, Zuhairansyah Arifin, Nurhayati, Sariah, Dewi Sri Suryanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.