Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kepercayaan diri anak di RA Tebuireng Kecamatan Medan Labuhan. Pada penelitian ini diambil seluruh wali murid yaitu berjumlah 30 orang sebagai sampel dan populasi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode peneletian kuantitatif. teknik pengumpulan data merupakan pra oberservasi dan kuesioner (angket). Teknik analisi data menggunakan uji linearitas dengan hasil diketahui nilai Sig. Devination from linearity 0,351> 0,05 artinya dinyatakan bahawa kedua variabel X1 dan X2 terhadap Y memilki hubungan liniear. Uji hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan tingkat nilai t hitung sebesar 6,261 > t tabel 2,048 sehingga H0 ditolak dan Ha terima yang artinya terdapat pengaruh pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter terhadap kepercayaan diri anak.
Downloads
References
Amin, A. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Psikologi, 5(2), 79–85.
Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253
Ceme;, M. E., & Ceme;, M. E. (2021). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orangtua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. http://skripsi.undana.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3368&keywords=
Cimi, A., Erlyani, N., & Rahmayanti, D. (2013). Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 1(1), 57–63. http://dx.doi.org/10.20527/dk.v1i1.1654
Dewi, D. M., Supriyo, S., & Suharso, S. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4), 9–16. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/3179
Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak Dari Usia Dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28257
Fadhlani, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 47–54. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1561
Ferlin, M., & Putri, L. D. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini The Relationship Between Parenting Styles and Children Self-confidence. LEARNING COMMUNITY Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 118–123. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/download/34391/11885/
Hidayat, A. I. (2019). PENGARUH POLA ASUH IBU BEKERJA DAN IBU TIDAK BEKERJA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK Studi Pada Rw 02 Kelurahan Cinere. 153. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/56407/1/AHMAD IMAM HIDAYAT-FDK.pdf
Indrimalia, R., R, M. D., & Gustiawati, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap kepercayaan diri peserta didik. Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 129–133.
Khairina, N. S., & Soedirham, O. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Anak: Literature Review. Peran Mikronutrisi Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19, 12(4), 853–862. https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM/article/view/208
Lampung, F. U., Prof, J., & Brojonegoro, S. (n.d.). 1,* , 2 , 3. 1.
Larasani, N., Yeni, I., & Mayar, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2368–2374.
Masitah, W. (2021). Parenting Is a Form of Children ’ S Moral. 2, 156–165.
Masitah, W., & Sitepu, J. M. (2021). Development of Parenting Models in Improving Children’s Moral Development. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 769–776. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1692
Mawarni, A. E., Marmawi, R., & Miranda, D. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Raudhatul Jannah Kabupaten Bengkayang . Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49598
Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 117–140. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1927
Pangestuti, R., Hardjono, & Sukamto, I. S. (2020). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Pada Remaja Di Sma N 2 Purworejo. Jurnal Komunikasi Kesehatan (Edisi 21), 11(02), 1–5. https://ejurnal.ibisa.ac.id/index.php/jkk/article/view/173/171
Sari, I. L., Asmawati, L., & Rosidah, L. (2020). Hubungan Kelekatan Orangtua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se-Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang-Banten. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(1), 23–34. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/8082%0Ahttp://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/indeks
Ulya, N., Diana, R. R., Uin, P., Kalijaga, S., Uin, P., & Kalijaga, S. (2021). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia. Jurnal Golden Age, 5(02), 304–313.
Utami, R. W. T., & Hanafi, M. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Percaya Diri Pada Anak Usia Pra Sekolah (4-5 Tahun) di Pendidikan Anak Usia Dini Insan Harapan Klaten. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(2), 84. https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.2.694
Vega, A. De, Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227
Widhiasih, I. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD NEGERU Se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. UNNES Journal, 1(1), 1–73.
Copyright (c) 2023 Widya Masitah, Siti Zahara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.