Efektivitas Cangkang Kerang Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas cangkang kerang dalam meningkatkan kemampuan kognitif pemecahan masalah.anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Objek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di RA At-Tahririyah Modung dengan jumlah populasi 22 anak yang kemudian diambil seluruhnya sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data didasarkan pada hasil tes observasi sebelum diberikan perlakuan dan hasil postest setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh penerapan permainan puzzle cakra terhadap perkembangan kogntif pemecahan masalah anak. Terbukti dari hasil uji statistik yang menunjukkan nilai 0,04. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memahami efektivitas permainan puzzle cakra untuk merangsangkemampuan kognitif pemecahan masalah anak.
Downloads
References
Aifah, R. R., Yudha, C. B., & Oktaviana, E. (2015). Pengembangan Media Permainan Puzzle Tetris Mathematics pada Materi Bangun Datar. 51–58.
Amatullah, A. A., Hariyanti, D. P. D., & Purwadi, P. (2022). Analisis Penggunaan Puzzle Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Anak. Wawasan Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9732
Fauziah, N. (2013). PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK PG PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 8(1), 23–30.
Ilmiah Potensia ; Anggraini, J., Nasirun, W., & Yulidesni, M. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.31-39
Karakter, P. N., Pers, R., Penelitian, P., Cipta, R., Paud, D. P., Media, A., Anak, P., Taman, U., Indonesia, G. W., Cerdas, G. E., Bermain, K., Meningkatkan, U., Plus, P., Permainan, K., Untuk, I., Kecerdasan, M., Press, D., Haditono, S. R., & Perkembangan, P. (2012). Daftar pustaka. 2010–2011.
Karimah, A. A., & Padilah, P. (2020). Pengaruh Permainan Bongkar Pasang Terhadap Kognitif Anak Kelompok B Di Ra an-Nur Marga Mulya. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4191
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034
Yogi Yunefri, Zamzami , Heleni Filtri, Sri Wahyuni, Ledya Oktavia Liza, Psychological climate: conditioning for student organizational disease, Journal of Public Health, Volume 45, Issue 2, June 2023, Pages e387–e389, https://doi.org/10.1093/pubmed/fdad011
Nurliana Nasution, Yuvi Darmayunta, & Wahyuni, S. (2023). SOSIALISASI APLIKASI PELAPORAN TITIK SAMPAH (STUDI KASUS KELURAHAN LIMBUNGAN PEKANBARU) . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 40-48. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.12253
Dwirianto, S., & Sri Wahyuni. (2022). Learning Motivation of Children: Viewed from the Socio-Economic Aspect . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.11110
Putri, A. A., Fadillah, S., & Wahyuni, S. (2021). SOSIALISASI KARTU MENUJU SEHAT (KMS) ONLINE DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR. Jurnal ABDI PAUD, 2(2), 44–47. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19607
Manurung, A. A., & Simanjuntak, J. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kecamatan Percut Sei Tuan Kota Medan T . A 2018 / 2019. Jurnal Usia Dini, 5(2), 2–6.
Masyah, M. S. dan D. D. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui bermain tebak gambar pada anak kelompok A1 di PAUD kemala Bhayangkari Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 101–106. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2894
Mu’min, S. A., & Yultas, N. S. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Al-TA’DIB, 12(2), 226. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1217
Musriandi, R. (2017). Hubungan Antara Self-Concept dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Dedikasi, 1(2), 150–160.
Nadila, P. (2021). Pentingnya melatih problem solving pada anak usia dini melalui bermain. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 51–55. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.965
Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., & Dini, A. U. (n.d.). A s - S A B I Q U N. 4, 443–455.
Rahmawati, R. L., & Nazarullail, F. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839
Ratnawati, R., & Yani, A. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Kulit Kerang Untuk Barang Kerajinan Masyarakat Daerah Pesisir Kota Bontang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i1.168
Safitri, D., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2014). Meningkatkan Kemampuan Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Melalui Permainan Puzzle. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6), 1–16.
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526
Utami, A. R., Hasibuan, C. A., Ismayani, W., Indah, W., & Khadijah, H. (2016). PENGEMBANGAN PERMAINAN PUZZLE DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK. 55–64.
Widya, U., Mahakam, G., & Playgroup, T. M. (2018). Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Usia 5-6 Tahun Di Paud Tunas Mekar Plus Tahun Pelajaran 2017 / 2018. 55–69.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Copyright (c) 2023 Rizka Lailatul Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.