Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kolaboratif terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kolaboratif dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 anak. Purposive sampling digunakan sebagai pengambilan sampel dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini berjumlah 24 anak: 12 anak pada kelompok kontrol dan 12 anak pada kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,002 <. 0,05 berarti H0 dan H1 diterima. Artinya kecerdasan interpersonal anak pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan interpersonal anak pada kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kolaboratif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini.
Downloads
References
Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1997–2007. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055
Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.
Armadi, N. W., Pudjawan, K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Perilaku Sosial Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/paud.v6i2.15320
Bachtiar, M. Y. (2017). Pengaruh Peran terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Anak kelas A di TK Buah hati Kota Makassar.
Emzir. (2020). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Humaemin, M.Y & Yosen, F. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Penerbit Adab.
Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Guepedia.
Lensiana. (2017). Implentasi Pelatihan Strategi Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini.
Oviyanti, F., & Ilmu. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib, III. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1384
Purwaaktari, E. (2015). Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Sikap Sosial Siswa Kelas V Sd Jarakan Sewon Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4932
Rafianti, N. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. https://doi.org/http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54127
Rusmayadi. (2019). Pengaruh kecerdasan interpersonal, keterampilan sosial terhadap kemandirian anak usia dini. Early Childhood Education Journal Of Indonesia, 2(1), 23–30.
Sari, R., I., Niswah, C., Sofyan, F., A., & Sunardi. (2022). Hubungan Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 2 Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1105–1113.
Suratno. (2018). Asesmen teman sejawat (ATS) sebuah kajian teoritis berbasis model pembelajaran kolaboratif (PBK).
Yusuf, M. (2017). Metode penelitian : kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Prenamedia Group.
Copyright (c) 2024 Sri Rika Amriani, Syarifah Halifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.