Boneka Gender: Implementasi Metode Proyek Pendidikan Gender Pada Calon Guru PAUD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berwawasan gender pada anak usia dini. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan subyek lima orang mahasiswa peserta mata kuliah Wawasan Gender di program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Muhammadiyah Jember (UMJ). Sebagian mahasiswa peserta mata kuliah ini telah menjadi guru di lembaga PAUD, namun mereka menyadari bahwa di dalam pembelajaran tentang gender untuk anak belum terlalu baik. Dalam pengembangan proses pembelajaran mata kuliah Wawasan Gender ini selanjutnya, mahasiswa di bagi dalam lima kelompok yang melaksanakan proyek mulai dari rancangan pengembangan skenario pembelajaran gender untuk anak kelompok 5 sampai 6 tahun, penyiapan media belajar serta simulasi dalam kelompok terbatas di lapangan. Media pembelajaran dan rencana implementasi lapangan di kembangkan pada paruh semester usai ujian tengah semester dengan menggunakan skenario pembelajaran yang sudah di rancang saat sebelum ujian tengah semester. Hasil yang di peroleh mahasiswa setelah menerapkan media boneka gender dan skenario pembelajaran di lapangan secara terbatas menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami konsep-konsep gender serta peran gender yang lebih abstrak melalui media boneka gender.
Downloads
References
[2] Cohrssen, C dan Tayler, C. 2016. Early childhood mathematics: A pilot study inpreservice teacher education. Journal of Early Childhood Teacher Education. Volume 37, 2016 - Issue 1. https://doi.org/10.1080/10901027.2015.1131208
[3] Dever, M.T. 2007. Advocating for Young Children: A PreserviceTeacher Education Project. Journal of Early Childhood Teacher Education. Volume 27, 2006 - Issue 4. https://doi.org/10.1080/10901020600996299
[4] Garcia, L.G, Heckman, J.J, Ziff, A.L. 2018. Gender Differencesin the Benefits of an Influential Early Childhood Program. Europen Economic Review.
10.1016/j.euroecorev.2018.06.009 (10 Maret 2019)
[5] Hardianti. A.N. 2017. Pendidikan Gender Untuk Anak Usia Dini. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/download/599/390/. (11 Maret 2019)
[6] Henniger, M.L. 2013. Teaching Young Children: An Introduction. NJ: Pearson
[7] Jackman, H.L., Early Education Curriculum: A Child’s Connection to the World. USA:Wadsworth, 2012.
[8] Jatmikowati dkk. 2015 Model Dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse. https://scholar.google.co.id/citations?user=xzMLabwAAAAJ&hl=en&oi=sra.(11 Maret 2019)
[9] Lemish, D. 2015. Children and Media: A Global perspective.. Willey Blackwell. UK
[10] Magnuson, K.A et al. 2016. Do The Effect of Early Childhoodeducation program differ by gender? A Meta-analysis.Early Childhood Research Quarterly http://dx.doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.12.021
[11] Slavin, R. E., Educational Psychology: Theory and Practice. 5th edition, Massachussest: Allyn and Bacon, 1997.
[12] Gender, Age, Ses, And Activity Type As Factors Contributing To Early Childhood Preservice Teachers’ Interactions With International And U.S. Preschool Children. Journal of Early Childhood Teacher Education. Volume 21, 2000 - Issue 1. https://doi.org/10.1080/0163638000210112
[13] Tandayu, D. Syukri, M, Masiuyah. Pengenalan Peran Gender pada Anak Usia 5-6 tahun di TK. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/10203/9898 (11 Maret 2019)
[14] Wardhani. W.D.L. 2016. Kontruksi Identitas dan Peran Gender pada Anak Usia Dini. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/pslcf/article/download/912/726. (11 Maret 2019)
[15] Warin. J dan Adriany, V. 2015. Gender Flexible pedagogy in early childhood education.
Journal of Gender Studies. Vol. 26. 2017. Issue 4. https://doi.org/10.1080/09589236.2015.1105738
[16] Park, S.R, Lee, G dan Hoot, J.L.2018. Developing preservice teachers’ sensitivity and
confidence: a service-learning experience at a homeless shelter. Journal of Early Childhood Teacher Education. Volume 40, 2019 - Issue 1. https://doi.org/10.1080/10901027.2019.1573206
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.