Boneka Gender: Implementasi Metode Proyek Pendidikan Gender Pada Calon Guru PAUD

  • Wahju Dyah Laksmi Wardhani Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nita Puspitasari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Eka Dwi Lestari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Agnes Sulistianingsih Universitas Muhammadiyah Jember
  • Lucky Mariana S
  • khotibatul Hasanah Universitas Muhammadiyah Jember
Keywords: metode proyek, wawasan gender

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berwawasan gender pada anak usia dini. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan subyek lima orang mahasiswa peserta mata kuliah Wawasan Gender di program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Muhammadiyah Jember (UMJ). Sebagian mahasiswa peserta mata kuliah ini telah menjadi guru di lembaga PAUD, namun mereka menyadari bahwa di dalam pembelajaran tentang gender untuk anak belum terlalu baik. Dalam pengembangan proses pembelajaran mata kuliah Wawasan Gender ini selanjutnya, mahasiswa di bagi dalam lima kelompok yang melaksanakan proyek mulai dari rancangan pengembangan skenario pembelajaran gender untuk anak kelompok 5 sampai 6 tahun, penyiapan media belajar serta simulasi dalam kelompok terbatas di lapangan. Media pembelajaran dan rencana implementasi lapangan di kembangkan pada paruh semester usai ujian tengah semester dengan menggunakan skenario pembelajaran yang sudah di rancang saat sebelum ujian tengah semester. Hasil yang di peroleh mahasiswa setelah menerapkan media boneka gender dan skenario pembelajaran di lapangan secara terbatas menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami konsep-konsep gender serta peran gender yang lebih abstrak melalui media boneka gender.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Blanchard, S. B, et.al. 2018. Diversity, inclusion, equity, and social justice: How antibias content and self-reflection support early childhood preservice teacher consciousness. Journal of Early Childhood Teacher Education. Volume 39, 2018 - Issue 4. https://doi.org/10.1080/10901027.2017.1408722
[2] Cohrssen, C dan Tayler, C. 2016. Early childhood mathematics: A pilot study inpreservice teacher education. Journal of Early Childhood Teacher Education. Volume 37, 2016 - Issue 1. https://doi.org/10.1080/10901027.2015.1131208
[3] Dever, M.T. 2007. Advocating for Young Children: A PreserviceTeacher Education Project. Journal of Early Childhood Teacher Education. Volume 27, 2006 - Issue 4. https://doi.org/10.1080/10901020600996299
[4] Garcia, L.G, Heckman, J.J, Ziff, A.L. 2018. Gender Differencesin the Benefits of an Influential Early Childhood Program. Europen Economic Review.
10.1016/j.euroecorev.2018.06.009 (10 Maret 2019)
[5] Hardianti. A.N. 2017. Pendidikan Gender Untuk Anak Usia Dini. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/download/599/390/. (11 Maret 2019)
[6] Henniger, M.L. 2013. Teaching Young Children: An Introduction. NJ: Pearson
[7] Jackman, H.L., Early Education Curriculum: A Child’s Connection to the World. USA:Wadsworth, 2012.
[8] Jatmikowati dkk. 2015 Model Dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse. https://scholar.google.co.id/citations?user=xzMLabwAAAAJ&hl=en&oi=sra.(11 Maret 2019)
[9] Lemish, D. 2015. Children and Media: A Global perspective.. Willey Blackwell. UK
[10] Magnuson, K.A et al. 2016. Do The Effect of Early Childhoodeducation program differ by gender? A Meta-analysis.Early Childhood Research Quarterly http://dx.doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.12.021
[11] Slavin, R. E., Educational Psychology: Theory and Practice. 5th edition, Massachussest: Allyn and Bacon, 1997.
[12] Gender, Age, Ses, And Activity Type As Factors Contributing To Early Childhood Preservice Teachers’ Interactions With International And U.S. Preschool Children. Journal of Early Childhood Teacher Education. Volume 21, 2000 - Issue 1. https://doi.org/10.1080/0163638000210112
[13] Tandayu, D. Syukri, M, Masiuyah. Pengenalan Peran Gender pada Anak Usia 5-6 tahun di TK. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/10203/9898 (11 Maret 2019)
[14] Wardhani. W.D.L. 2016. Kontruksi Identitas dan Peran Gender pada Anak Usia Dini. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/pslcf/article/download/912/726. (11 Maret 2019)
[15] Warin. J dan Adriany, V. 2015. Gender Flexible pedagogy in early childhood education.
Journal of Gender Studies. Vol. 26. 2017. Issue 4. https://doi.org/10.1080/09589236.2015.1105738
[16] Park, S.R, Lee, G dan Hoot, J.L.2018. Developing preservice teachers’ sensitivity and
confidence: a service-learning experience at a homeless shelter. Journal of Early Childhood Teacher Education. Volume 40, 2019 - Issue 1. https://doi.org/10.1080/10901027.2019.1573206
Published
2019-04-30
How to Cite
Wahju Dyah Laksmi Wardhani, Nita Puspitasari, Eka Dwi Lestari, Agnes Sulistianingsih, Lucky Mariana S, & khotibatul Hasanah. (2019). Boneka Gender: Implementasi Metode Proyek Pendidikan Gender Pada Calon Guru PAUD. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 86-101. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2518
Abstract viewed = 515 times
PDF downloaded = 714 times