Implementasi Kegiatan Bermain Paperrcrafft dalam Meningkatakan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelas B PAUD Taman Sari Banyuasin

  • Padilah Padilah Khaidir PGPAUD Universitas PGRI Palembang
  • Rahmah Novianti Universitas PGRI Palembang
Keywords: Kemampuan Motorik Halus, Paper

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk  mendeskripsikan proses Implementasi KegIatan Bermain Papercraf Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Di PAUD Taman Sari. Penelitian ini dilakukan pada anak kelas B yang berjumlah 17 orang dengan metode Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu (rencana, tindakan, observasi dan refleksi). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus sebanyak 8 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan deskripsi statistik untuk membandingkan pra siklus sampai dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kecerdasan interpersonal melalui bermain musik dengan skor pada pra siklus 23,86 meningkat menjadi 35,63 pada siklus I, dan mengalami peningkatan sebesar 42,20  pada siklus II dengan kategori berkembang sangat baik. Ini artinya berdasarkan teori Mills yang menyatakan bahwa kriteria keberhasilan tindakan adalah 71% dari jumlah anak dapat dikatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fels, et. al. 2015. The Relationship Between motor Skill And Cognitive Skill In 4 – 6 Year Old Typically Development Children. Journal of Science and Medicine in Sport. November 2015, Volume 18, Issue 6.
Handini, Myrnawati Cri. 2012. Metodologi Penelitian Untuk PemulaI. Jakarta: FIP Press
Janes, Susan Niner. 2006. Creative Craft You Can Do in a Day. North Light Books.
Juliys, et. al. 2016. Children’s Ability To Learn A Motor Skill Is Related To Handwriting And Reading Proficiency. Learning and Individual Defferences. October 2016, Volume 51.
Luo, Z., et.al. 2017. Fine Motor Skills And Mathematics Achievement In East Asia: American And European American Kindergartners And Fisrt Graders. British Journal of Developmental Pyschology.
Magill, Richard A. 2011. Motor Learning, Concepts And Application. Boston: Mc. Graw Hill.
Nurjannah, Dwi. 2018. Peningkatan Kemmapuan Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Bermain Papercraft. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, Volume 3, Nomor 1.
Papalia, Diana E, dkk. 2009. Human Development : Perkembangan Manusai Edisi ke 10. Jakarta: Salemba Humanika.
Saputra, Yosan Darma. 2013. Perancangan Visiualisasi Papercrfat Wayang Golek Jawa Barat Sebagai Edukasi dan Entertaiment Untuk Anak-Anak. Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Maranatha.
Suggate, Sebastian, et.al. 2016. Relationship Between Playing Activities And Fine Motor Development. Early Child Development And Care, Volume 187, Isuuse 8.
Sujiono, Bambang, dkk. 2010. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2019-10-31
How to Cite
Padilah Khaidir, P., & Rahmah Novianti. (2019). Implementasi Kegiatan Bermain Paperrcrafft dalam Meningkatakan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelas B PAUD Taman Sari Banyuasin. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 10-18. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3273
Abstract viewed = 642 times
PDF downloaded = 649 times