Pengaruh Kompetensi Kepribadian terhadap Motivasi Kerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini

  • Ari Sofia Universitas Lampung
  • annisayulistia universitas lampung
Keywords: kompetensi kepribadian, motivasi kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi kepribadian guru PAUD dalam program PPG, (2) motivasi kerja guru PAUD dalam program PPG, (3) pengaruh kompetensi kepribadian terhadap motivasi kerja guru PAUD dalam program PPG; dan (4) seberapa besar pengaruh kompetensi kepribadian terhadap motivasi kerja guru PAUD dalam program PPG Universitas Lampung tahun ajaran 2019/2020.  Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dengan pendekatan kuantitatif.  Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru PAUD peserta program PPG Universitas Lampung.  Teknik pengumpulan data menggunakan angket kompetensi kepribadian dan angket motivasi kerja. Pengujian hipotesis menggunakan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear sederhana, dan koefisien diterminan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi kepribadian gu,ru PAUD dalam program PPG berada pada kategori “cukup baik” ditunjukkan dengan nilai rata-rata 84,14, (2) motivasi kerja guru PAUD dalam program PPG berada pada kategori “baik” ditunjukkan dengan nilai rata-rata 83,86, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi kepribadian terhadap motivasi kerja guru PAUD dalam Program PPG, ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,130 > t tabel 1,701,dan (4) kontribusi kompetensi kepribadian terhadap motivasi kerja guru PAUD dalam Program PPG sebesar 14,9%, sisanya 85,1% ditentukan oleh faktor lain.

Kata Kunci: kompetensi kepribadian, motivasi kerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisman, Getteng, Rahman Abd., & Nuryamin. 2018. PengaruhvKompetensi Kepribadian Guru terhadap Motivasi BelajarvPeserta Didik MTSN 2 Bone Kabupaten Bone. Jurnal Diskursus Islam. Vol.6, No. 3

Katsva, M. & Condrey S.E. 2005. Motivatingbpersonnelvat Russian nuclear power plants: a case-study ofvmotivation theory application. Public Personnel Management. Vol. 34. No. 4. pp 343-356

Janawi. 2010. KompetensivGuru. Bandung: Alfabeta

Kumala, Ismaya Priska., Burhanuddin,. vBafadal, Ibrahim. 2018. Hubungan antaravKepuasan Kerja, Kompetensi, dan Kinerja Guru. JAMP: JurnalvAdministrasi dan Manajemen Pendidikan. Vol. 1. No. 4. pp 400-409

Pardjono. 2017. PengaruhvKompetensivGuru, KomitmenVKerja, dan Motivasi Kerja TerhadapvKinerja Guru SMP Andalan di Sleman.vJurnal PenelitianvIlmu Pendidikan. Vol. 9. No. 2. pp 165-178

Prayitno, Duwi. 2014. SPSS 22 PengolahvData Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset

Susanto, Purwo. 2010. Pengaruh kompetensi dan motivasi kerjavterhadap perilaku professional guru di SMK Gajah Mungkur 1 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Tesis. Universitas Negeri Semarang.

Suyantom& Asep Jihad. 2013. Menjadi GuruvProfesional. Jakarta: Esensi Erlangga.

Syah, Muhibbin. 2014. PsikologivPendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasivdan Pengukurannya (Analisisvdi Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2020-04-07
How to Cite
Sofia, A., & annisayulistia. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepribadian terhadap Motivasi Kerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 12-18. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3445
Abstract viewed = 894 times
PDF downloaded = 0 times