Pengaruh Permainan Ligu terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Doa Bunda Pematang Benteng Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu
Abstract
Penelitian dilaksanakan PAUD Doa Bunda Pematang Benteng Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Permainan Ligu terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Dari Hasil penelitian yang dilaksanakan ditemukan tidak sesuainya teori dan kenyataan dilapangan untuk tahapan perkembangan sosial anak usia dini, dikarenakan kemampuan interaksi sosial anak masih belum berkembang sesua harapan. Penelitian yang dilaksanakan di Paud Doa Bunda Pematang Benteng tergolong dalam Jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu post test control grup design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 16 orang anak, sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas Al-falah sebagai kelas eksperimen dan kelas An-nas sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi yang berisi indikator interaksi sosial dan dokumentasi. Dari hasil uji hipotesis yang dilaksanakan diperoleh pembelajaran menggunakan Permainan Ligu dapat mempengaruhi perilaku sosial anak secara signifikan, sebagaimana hasil uji hitung > tabel (2.14 < 3.229 > 2.98) dengan taraf α = 0.05, dan nilai sig.(2-tailed) data posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0,006 < 0,05. Berdasarkan hasil, hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan Permainan Ligu berpengaruh positif terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Doa Bunda Pematang Benteng Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu.
Downloads
References
Ahmad. (2007). Interaksi Sosial Hubungan Individu Atau Lebih. Jakarta: Balai Pustaka.
Ahmad. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Asrori, kelly. (2006). Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Apriyanti. (2016). Bentuk-bentuk Interaksi Sosial. Jakarta: Prenada Media Grup.
Basrowi. (2005). Pengantar Sosiologi. Bogor : Ghalia Indonesia.
Caroline, dkk. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta : PT Indeks.
Dharmamulya, Sukirman. (2008). Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.
Hadiwinarto. (2009). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Hudaniah,& dayakisni (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Hartono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hurlock, Elizabeth B. (2012). Perkembangan Anak Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Iskandar. (2010). Uji Chi Kuadrat. Yogyakarta:Pustaka Belajar.
Kartini, dkk. (2007). Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.
Mutiah, Diana. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Mayke, S. Tedjasaputra. (2005). Bermain, Main dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Partini. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Patmonodewo. Soemarti. (2003). Bermain Memberikan Kesempatan Memilih Alat. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Permenbikdud. (2014). Perkembangan Sosial Anak Usia ( 5-6) Tahun, dan kurikulum 2013. Kementerian kependidikan dan kebudayaan republik indonesia.
Purwanto. (2011). Uji Homogenitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rahman, Elmustian. (2012). Ensiklopedia Baturijal. Jakarta: La Tira.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.