Pengaruh Permainan Bisik Berantai terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Permainan bisik berantai dapat dipergunakan dalam pembelajaran, karena sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini yang masih cenderung senang bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan berkomunikasi secara lisan anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Pra Eksprerimental Design tipe One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah anak PAUD Bintang Rabbani yang berjumlah 15 orang anak. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpul data berupa lembar observasi kemampuan berkomunikasi secara lisan dan dokumentasi kegiatan permainan bisik berantai. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan uji t satu sampel. Berdasarkan analisis statistik t-test diperoleh thit = 20,534 pada taraf kesalahan 0,05 %, dan nilai ttab = 2,145 artinya thit > ttab, maka Ha diterima Ho ditolak. Nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000. Karena nilai sig 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan berkomunikasi secara lisan anak usia 5-6 tahun di PAUD Bintang Rabbani Kota Pekanbaru.
Abstract
This study aims to determine the effect of chain whispering games on verbal communication skills of children aged 5-6 years. The research method used is Pre-Experimental Design type One Group Pretest-Posttest. The study population was 15 children of Bintang Rabbani PAUD. Sampling of research using total sampling techniques. Data collection tool in the form of observation sheet ability to communicate verbally and document the activities of the whisper chain game. The data obtained were then analyzed using one sample t test. Based on statistical analysis t-test obtained thit = 20.534 at 0.05% error level, and the value of ttab = 2.145 means thit> ttab, then Ha is accepted Ho is rejected. Sig value (2 tailed) of 0,000. Because the sig value is 0,000 <0.05, Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that there is an influence of the chain whispering game on the ability to communicate verbally children aged 5-6 years in PAUD Bintang Rabbani, Pekanbaru City.
Downloads
References
Lestari, G. Endang. (2003). Komunikasi yang Efektif. Jakarta.
Mahfoedz, Mahmud. (2006). Komunikasi Pemasaran Modern. Cakrawala Ilmu : Yogyakarta.
Ngalimun, dkk. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Aswaja Pressindo : Yogyakarta.
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Terjemahan. Edisi Kesebelas Jilid . Erlangga : Jakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.
Copyright (c) 2022 Azlin Atika Putri, Reswita, Nurhayatun Nufus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.