Pengaruh Permainan Bisik Berantai terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Anak Usia 5-6 Tahun

  • Azlin Atika Putri Universitas Lancang Kuning
  • Reswita Universitas Lancang Kuning
  • Nurhayatun Nufus Universitas Lancang Kuning
Keywords: bisik berantai, anak usia dini, komunikasi lisan

Abstract

Permainan bisik berantai dapat dipergunakan dalam pembelajaran, karena sesuai dengan tingkat perkembangan anak usia dini yang masih cenderung senang bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan berkomunikasi secara lisan anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Pra Eksprerimental Design tipe One Group Pretest-Posttest.  Populasi penelitian adalah anak PAUD Bintang Rabbani yang berjumlah 15 orang anak.  Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpul data berupa lembar observasi kemampuan berkomunikasi secara lisan dan dokumentasi kegiatan permainan bisik berantai. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan uji t satu sampel. Berdasarkan analisis statistik t-test diperoleh thit =  20,534 pada taraf kesalahan 0,05 %, dan nilai ttab = 2,145 artinya thit > ttab, maka Ha diterima Ho ditolak. Nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000. Karena nilai sig 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan berkomunikasi secara lisan anak usia 5-6 tahun di PAUD Bintang Rabbani Kota Pekanbaru.

Abstract

This study aims to determine the effect of chain whispering games on verbal communication skills of children aged 5-6 years. The research method used is Pre-Experimental Design type One Group Pretest-Posttest. The study population was 15 children of Bintang Rabbani PAUD. Sampling of research using total sampling techniques. Data collection tool in the form of observation sheet ability to communicate verbally and document the activities of the whisper chain game. The data obtained were then analyzed using one sample t test. Based on statistical analysis t-test obtained thit = 20.534 at 0.05% error level, and the value of ttab = 2.145 means thit> ttab, then Ha is accepted Ho is rejected. Sig value (2 tailed) of 0,000. Because the sig value is 0,000 <0.05, Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that there is an influence of the chain whispering game on the ability to communicate verbally children aged 5-6 years in PAUD Bintang Rabbani, Pekanbaru City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendy, O. Uchjana. (2006). Ilmu Komunikasi, Teori, Dan Praktek. Rusda Karya : Bandung.
Lestari, G. Endang. (2003). Komunikasi yang Efektif. Jakarta.
Mahfoedz, Mahmud. (2006). Komunikasi Pemasaran Modern. Cakrawala Ilmu : Yogyakarta.
Ngalimun, dkk. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Aswaja Pressindo : Yogyakarta.
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Terjemahan. Edisi Kesebelas Jilid . Erlangga : Jakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.
Published
2022-04-06
How to Cite
Atika Putri, A., Reswita, & Nurhayatun Nufus. (2022). Pengaruh Permainan Bisik Berantai terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Anak Usia 5-6 Tahun . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 112-117. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9590
Abstract viewed = 1157 times
Pdf downloaded = 0 times