Implementasi Permainan Tradisional Jamuran dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Omah Dolanan Yogyakarta

  • Aim Abdul Karim Aim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muqowim
Keywords: Permainan tradisional, Jamuran, Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak

Dalam sehari-hari anak tidak akan terlepas dari aktivitas bermain. Dengan bermain maka banyak asfek yang dikembangkan salah satunya perkembangan sosial emosional dalam membangun kesadaran diri, rasa tanggung jawab diri sendiri dan orang lain dan perilaku prososial anak. Taman Kanak-Kanak (TK) Omah Dolanan Yogyakarta adalah sekolah yang menerapkan permainan tradisional jamuran dengan visi berbudaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional jamuran di TK Omah Dolanan Yogyakarta. Penelitian di lakukan di TK Omah Dolanan Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru dan anak kelompok A usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukan permainan tradisional jamuran dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dengan langkah-langkah guru mengajak anak-anak berkumpul di lapangan, dalam memulai permainan guru menentukan pemain “jadi”, pemain membuat lingkaran dan bernyanyi lagu jamuran, pemain “jadi”mengajukan pertanyaan atau meminta suatu perintah dan pemain yang kalah menggantikan posisi pemain “jadi”. Penelitian ini menggambarkan implementasi permainan tradisional jamuran dalam meningkatkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Omah Dolanan Yogyakarta.

Kata Kunci: Permainan Tradisional Jamuran, Sosial Emosional, Anak Usia Dini

 

Abstract

In everyday children will not be separated from play activities. By playing so many effects are developed, one of which is social emotional development in building self-awareness, a sense of responsibility for oneself and others, and children's prosocial behavior. Kindergarten (Kindergarten) Omah Dolanan Yogyakarta is a school that implements a traditional game of mushrooms with a cultural vision. This study aims to determine the emotional social development of children aged 5-6 years through the traditional game of mushrooms in kindergarten Omah Dolanan Yogyakarta. The research was conducted at kindergarten Omah Dolanan Yogyakarta in the even semester of the 2020 school year. This study used a qualitative approach with descriptive research type. Data obtained through interviews, observation and documentation. The subjects of the study were teacher and group A children aged 5-6 years. The results showed the traditional game of mushrooms can increase the emotional social development of children aged 5-6 years by the steps the teacher invites children to gather in the field, in starting the teacher's game to determine the player "so", the player makes a circle and sings a mushroom song, the player " so "ask a question or ask for an order and the losing player replaces the" finished "player position. This study illustrates the implementation of traditional game jamuran in improving the emotional social of children aged 5-6 years at the Omah Dolanan Kindergarten in Yogyakarta.

Keywords: Traditional Jamuran Game, Emotional Social, Early Childhood

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Latif, M., Zubaidah, R., & Zukhaira. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Amalia, Putri, A. 2019. Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Melalui Permainan Jamuran. Jurnal Pendidikan Modern, Vol 4 No 3.

Ayyu M, dkk. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi dengan Permainan Tradisional Jamuran untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Vol 3 No 1

Eka Supartini, Dini Wati. 2015. Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-Kanak Kelompok Kompetensi A. Bandung: PPPPPTK TK dan PLB Bandung.

Fadhilaturrahmi, Ananda.2018. Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi Vol 2 No 1.

Femmi Nurmalitasari. 2015. Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, Vol 23. No 2 104.

Fidesrinur, dkk. 2018. Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Hakim, A., & Reza, M. (2015). Pengaruh Permainan Tradisional Jamuran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia 4 - 5 Tahun. PAUD Teratai, 4(2), 1–5.

Imam Gunawan. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Latifah, U., & Sagala, A. C. D. (2015). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B Tk Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian PAUDIA, 112–132.

Nugraha, Ali, dkk. 2018. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Nurjannah. 2017. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Jurnal Hisbah, Vol 14 No 1.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Nurmianti, dkk., 2018. Pedoman Penyusunan Kurikulum KTSP Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Novitasari, N. 2019. Implementasi Permainan Tradisional dalam Membangun Keterampilan Sosial Anak Kelas B2 di RA Avverous Bantul. Publish.Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Qoyyimah. 2016. Penerapan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Vol 4 No 2.

Rini Hildayani. 2007. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suminah, Enah, dkk. 2018. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Suryani. 2019. Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiyah Potensia, Vol 4 No2.

Susanto, A. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyuni, Mareta, dkk. 2018. Penyusunan Renaca Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Wibowo, W.A. 2018. Implementasi Permainan Tradisional Jamuran dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini di PAUD Delima Bandar Lampung. Unpublished skripsi. UIN Raden Intan Lampung.

Widarmi, Wijaya, dkk. 2019. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang: PT Prata Sejati Mandiri.

Published
2020-09-30
How to Cite
Aim, A. A. K., & Muqowim. (2020). Implementasi Permainan Tradisional Jamuran dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Omah Dolanan Yogyakarta. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 22-31. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4121
Abstract viewed = 1322 times
PDF downloaded = 1358 times