Stimulasi Perkembangan Kreativitas Mahasiswa PG PAUD Melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek Pengembangan Media
Abstract
Penelitian tentang stimulasi perkembangan kreativitas mahasiswa melalui proyek pengembangan media ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kreativitas mahasiswa PG PAUD yang distimulus melalui pembelajaran sains berbasis proyek pengembangan media. Perkembangan kreativitas mahasiswa dapat dilihat melalui peningkatan pada tiap aspek kreativitas yang diamati sebelum dan sesudah diberikan suatu bentuk pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan media sains untuk AUD dengan one group pretest-postest design. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa PG PAUD IKIP PGRI Jember sejumlah 92 orang yang menempuh mata kuliah Sains untuk Anak Usia Dini. Perkembangan kreativitas tersebut dianalisis menggunakan n-gain analysis dan t-test untuk mengetahui perbedaan tingkat kreativitas mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains berbasis pengembangan media pembelajaran mampu menstimulasi perkembangan kreativitas mahasiswa PG PAUD dengan rata-rata n-gain sebesar 0,7036 dengan kriteria tinggi. Skor n-gain tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran sains untuk AUD berbasis proyek pengembangan media mampu menstimulus perkembangan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PG PAUD.
Downloads
References
Gretsov, A.G. (2008). Creativity Training for Upper-Form Pupils and Students. St. Petersburg: St.Pete. 208 p.
Hosseini, A. S. (2014). The Effect of Creativity Model for Creativity Development in Teachers, 4(2), 138–142. https://doi.org/10.7763/IJIET.2014.V4.385
Kaplan, D. E. (2019). Creativity in Education : Teaching for Creativity Development, 140–147. https://doi.org/10.4236/psych.2019.102012
Kolko, J. (2010). Abductive Thinking and Sensemaking : The Drivers of Design Synthesis. Design Issues, 26(1).
Runco, M. A., & Chand, I. (1995). Cognition and Creativity, 7(3), 243–267.
Sain, S. N. H., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2013). one group pre-post test. Jurnal E-Ners (ENS), 1(1), 16–20.
Tran, L. T. B., Ho, N. T., & Hurle, R. J. (2016). Teaching for Creativity Development : Lessons Learned from a Preliminary Study of Vietnamese and International Upper ( High ) Secondary School Teachers ’ Perceptions and Lesson Plans, (May), 1024–1043.
Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan(JPFK), 3(1), 1–12.
Trianggono, M. M. (2018). Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Gender Characteristics Of Creative Thinking Skills In Physics. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan(JPFK), 4(2), 98–106. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.2980
Vanada, D. I. (2015). Practically Creative : The Role of Design Thinking as an Improved Paradigm for 21 st Century Art Education, 21(2), 21–33.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.