Stimulasi Perkembangan Kreativitas Mahasiswa PG PAUD Melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek Pengembangan Media

  • Mochammad Maulana Trianggono IKIP PGRI Jember
Keywords: Sains untuk AUD, Stimulasi Kreativitas, Proyek Pengembangan Media, Creativiting Stimulation

Abstract

Penelitian tentang stimulasi perkembangan kreativitas mahasiswa melalui proyek pengembangan media ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kreativitas mahasiswa PG PAUD yang distimulus melalui pembelajaran sains berbasis proyek pengembangan media. Perkembangan kreativitas mahasiswa dapat dilihat melalui peningkatan pada tiap aspek kreativitas yang diamati sebelum dan sesudah diberikan suatu bentuk pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan media sains untuk AUD dengan one group pretest-postest design. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa PG PAUD IKIP PGRI Jember sejumlah 92 orang yang menempuh mata kuliah Sains untuk Anak Usia Dini. Perkembangan kreativitas tersebut dianalisis menggunakan ­n-gain­ analysis dan t-test­ untuk mengetahui perbedaan tingkat kreativitas mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains berbasis pengembangan media pembelajaran mampu menstimulasi perkembangan kreativitas mahasiswa PG PAUD dengan rata-rata n-gain sebesar 0,7036 dengan kriteria tinggi. Skor n-gain tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran sains untuk AUD berbasis proyek pengembangan media mampu menstimulus perkembangan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PG PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gretsov, A.G. (2008). Creativity Training for Upper-Form Pupils and Students. St. Petersburg: St.Pete. 208 p.

Hosseini, A. S. (2014). The Effect of Creativity Model for Creativity Development in Teachers, 4(2), 138–142. https://doi.org/10.7763/IJIET.2014.V4.385

Kaplan, D. E. (2019). Creativity in Education : Teaching for Creativity Development, 140–147. https://doi.org/10.4236/psych.2019.102012

Kolko, J. (2010). Abductive Thinking and Sensemaking : The Drivers of Design Synthesis. Design Issues, 26(1).

Runco, M. A., & Chand, I. (1995). Cognition and Creativity, 7(3), 243–267.

Sain, S. N. H., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2013). one group pre-post test. Jurnal E-Ners (ENS), 1(1), 16–20.

Tran, L. T. B., Ho, N. T., & Hurle, R. J. (2016). Teaching for Creativity Development : Lessons Learned from a Preliminary Study of Vietnamese and International Upper ( High ) Secondary School Teachers ’ Perceptions and Lesson Plans, (May), 1024–1043.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan(JPFK), 3(1), 1–12.

Trianggono, M. M. (2018). Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Gender Characteristics Of Creative Thinking Skills In Physics. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan(JPFK), 4(2), 98–106. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.2980

Vanada, D. I. (2015). Practically Creative : The Role of Design Thinking as an Improved Paradigm for 21 st Century Art Education, 21(2), 21–33.

Published
2020-09-30
How to Cite
Trianggono, M. M. (2020). Stimulasi Perkembangan Kreativitas Mahasiswa PG PAUD Melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek Pengembangan Media. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 1-10. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4234
Abstract viewed = 229 times
PDF downloaded = 389 times