Belajar Melalui Musik Dengan Menerapkan Metode Orff

  • Ridwan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hayani Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dhea Ardiyanti Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Music, Orff Method, Early Chidhood

Abstract

Artikel ini berfokus pada penanaman belajar melalui musik dengan menggunakan metode orff bagi guru maupun calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hubungannya pada aspek perkembangan anak, melalui metode ini dapat menumbuhkan rasa musikalitas anak dengan melalui kegiatan-kegiatan dasar seperti bernyanyi, menari, beracting dan memainkan alat musik. Bentuk memainkan alat musik disini bukan hanya memainkan alat musik yang pada umumnya, akan tetapi dapat juga memanfaatkan dari barang-barang yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimen one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan melalui kegiatan webinar dengan peserta guru dan calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran dengan jelas kepada para pendidik maupun calon pendidik mengenai pelaksanaan pembelajaran melalui musik yang kreatif pada anak usia dini melalui penggunaan metode Orff. Memiliki pemahaman akan metode Orff ini sangat diperlukan baik itu secara teoritis maupun praktis sehingga guru dan calon guru tidak hanya dapat meningkatkan pengetahuan mereka, akan tetapi dapat mengaplikasikan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tentunya tetap disesuaikan dengan karakteristik anak.

Kata Kunci : Musik, Metode Orff, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwati, N. M., & Fadillah, S. (2019). Pengaruh Gerakdan Lagu (Music And Movement)Terhadap Peningkatankosakata Bahasa Inggrispada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Kasih Ibu. PAUD Lectura Unilak, 5, 1–7. Https://Doi.Org/10.3969/J.Issn.1000-7695.2019.05.001

Cary, D. G. (2012). Kodály And Orff: A Comparison Of Two Approaches In Early Music Education. ZKU Journal Of Social Sciences, 8(15), 180–194.

Fitroh, S., Fitroh, S. F., & Khasanah, S. M. (2016). Musik Sebagai Stimulus Pada Kecerdasan Emosi Anak (Studi Kasus TK A Di Kelompok Bermain Kasih Ibu). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 39–47. Https://Doi.Org/10.21107/Pgpaudtrunojoyo.V3i1.3483

Gustina, S. (2019). Pendekatan Orff- Schulwerk Bagi Calon Guru Musik. 20(2), 96–107. Http://Journal.Isi.Ac.Id/Index.Php/Resital/Article/View/2591

Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. Eduhumaniora, 3(2), 54–67. Http://Repositorio.Unan.Edu.Ni/2986/1/5624.Pdf

Idris, H. M. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Mendongeng. Luxima.

Jamalus. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLTK.

Kamtini, H. (2005). Bermain Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Nasional.

Lestari, N. D. (2015). Penerapan Metode Carl Orff Untuk Pembelajaran Musik Dalam Drumband Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktivan Dan Kreativitas Siswa Kelompok B Tk Sinar Melati Sleman.

Melalatoa, M. J. (1989). Pesan Budaya Dalam Kesenian. Berita Antropologi. JAFIS & IP Universitas Indonesia.

Rizky, D., & Putri, K. (2012). Pembelajaran Angklung Menggunakan Metode Belajar Sambil Bermain. Harmonia - Journal Of Arts Research And Education, 12(2), 116–124. Https://Doi.Org/10.15294/Harmonia.V12i2.2519

Sari, H., Sukmayadi, Y., & Sandie, G. (2016). Pembelajaran Ritmik Melalui Media Alat Musik Berbasis Lingkungan Untuk Siswa Kelas Vi Di Sd Labschool Upi. Swara-Antologi Jurusan Pendidikan Seni Musik UPI, 4(2).

Solin, S. B., Masganti, & Arlina. (2019). Pengaruh Bermain Drum Band Dari Bahan Bekas Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun. 07(01), 129–140. Https://Doi.Org/Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Raudhah/Oai

Sukmayadi, Y., & Purnama, A. (2016). Model Pembelajaran Komposisi Musik Sekolah Melalui Pemanfaatan Perkakas Tangan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 17(3), 158–169. Https://Doi.Org/10.24821/Resital.V17i3.2225

Sumaryanto F., T., & Utomo, U. (2015). Forms, Development And The Application Of Music Media In The Kindergartens: A Comparative Study Of Two Kindergartens. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 15(2), 101–106. Https://Doi.Org/10.15294/Harmonia.V15i2.4099

Udi Utomo. (2004). Pembelajaran Musik Di Taman Kanak-Kanak. Harmonia - Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 1–14. Https://Doi.Org/10.15294/Harmonia.V5i3.824

Ulucay, T. (2019). A Research On The Art Needs Of Music Teacher Candidates. Universal Journal Of Educational Research, 7(4), 923–928. Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2019.070402

Wadiyo, W. (2015). Music As An Integrated Education Tool For Preschool Students. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 15(2), 144–151. Https://Doi.Org/10.15294/Harmonia.V15i2.4691

Wadiyo, Wadiyo, & Haryono, S. (2016). Uji Coba Produk Lagu Anak-Anak Bertema Pendidikan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 17(3), 170–177. Https://Doi.Org/10.24821/Resital.V17i3.2226

Wadiyo, Wadiyo, & Utomo, U. (2018). Pengembangan Materi Ajar Seni Budaya Sub Materi Musik Pada Sekolah Umum Jenjang Pendidikan Dasar. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 17(2), 87–97. Https://Doi.Org/10.24821/Resital.V17i2.2221

Wicaksono, R. Y., & Utomo, U. (2017). Daya Tarik Lagu Bagi Anak Usia Dini : Studi Kasus Di TK Pertiwi I Singodutan, Wonogiri. Jurnal Seni Musik, 6(2), 91–93. Https://Doi.Org/10.15294/Jsm.V8i2.32610

Yetti, E., & Khairiah, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Musikalitas Melalui Bermain Alat Musik Dol. Jurnal Pendidikan Usia DinI, 11(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/JPUD.112.03

Yosep, W. (2004). Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Usia Dini (The Learning Of Creative Music In Early-Childhood Children). Harmonia - Journal Of Arts Research And Education, 5(1). Https://Doi.Org/10.15294/Harmonia.V5i1.829

Published
2020-09-30
How to Cite
Ridwan, Wulandari, H., & Ardiyanti, D. (2020). Belajar Melalui Musik Dengan Menerapkan Metode Orff. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 112-122. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4844
Abstract viewed = 147 times
PDF downloaded = 74 times