Belajar Melalui Musik Dengan Menerapkan Metode Orff
Abstract
Artikel ini berfokus pada penanaman belajar melalui musik dengan menggunakan metode orff bagi guru maupun calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hubungannya pada aspek perkembangan anak, melalui metode ini dapat menumbuhkan rasa musikalitas anak dengan melalui kegiatan-kegiatan dasar seperti bernyanyi, menari, beracting dan memainkan alat musik. Bentuk memainkan alat musik disini bukan hanya memainkan alat musik yang pada umumnya, akan tetapi dapat juga memanfaatkan dari barang-barang yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimen one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan melalui kegiatan webinar dengan peserta guru dan calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran dengan jelas kepada para pendidik maupun calon pendidik mengenai pelaksanaan pembelajaran melalui musik yang kreatif pada anak usia dini melalui penggunaan metode Orff. Memiliki pemahaman akan metode Orff ini sangat diperlukan baik itu secara teoritis maupun praktis sehingga guru dan calon guru tidak hanya dapat meningkatkan pengetahuan mereka, akan tetapi dapat mengaplikasikan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menarik pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tentunya tetap disesuaikan dengan karakteristik anak.
Kata Kunci : Musik, Metode Orff, Anak Usia Dini
Downloads
References
Arwati, N. M., & Fadillah, S. (2019). Pengaruh Gerakdan Lagu (Music And Movement)Terhadap Peningkatankosakata Bahasa Inggrispada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Kasih Ibu. PAUD Lectura Unilak, 5, 1–7. Https://Doi.Org/10.3969/J.Issn.1000-7695.2019.05.001
Cary, D. G. (2012). Kodály And Orff: A Comparison Of Two Approaches In Early Music Education. ZKU Journal Of Social Sciences, 8(15), 180–194.
Fitroh, S., Fitroh, S. F., & Khasanah, S. M. (2016). Musik Sebagai Stimulus Pada Kecerdasan Emosi Anak (Studi Kasus TK A Di Kelompok Bermain Kasih Ibu). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 39–47. Https://Doi.Org/10.21107/Pgpaudtrunojoyo.V3i1.3483
Gustina, S. (2019). Pendekatan Orff- Schulwerk Bagi Calon Guru Musik. 20(2), 96–107. Http://Journal.Isi.Ac.Id/Index.Php/Resital/Article/View/2591
Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. Eduhumaniora, 3(2), 54–67. Http://Repositorio.Unan.Edu.Ni/2986/1/5624.Pdf
Idris, H. M. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Mendongeng. Luxima.
Jamalus. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLTK.
Kamtini, H. (2005). Bermain Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Nasional.
Lestari, N. D. (2015). Penerapan Metode Carl Orff Untuk Pembelajaran Musik Dalam Drumband Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktivan Dan Kreativitas Siswa Kelompok B Tk Sinar Melati Sleman.
Melalatoa, M. J. (1989). Pesan Budaya Dalam Kesenian. Berita Antropologi. JAFIS & IP Universitas Indonesia.
Rizky, D., & Putri, K. (2012). Pembelajaran Angklung Menggunakan Metode Belajar Sambil Bermain. Harmonia - Journal Of Arts Research And Education, 12(2), 116–124. Https://Doi.Org/10.15294/Harmonia.V12i2.2519
Sari, H., Sukmayadi, Y., & Sandie, G. (2016). Pembelajaran Ritmik Melalui Media Alat Musik Berbasis Lingkungan Untuk Siswa Kelas Vi Di Sd Labschool Upi. Swara-Antologi Jurusan Pendidikan Seni Musik UPI, 4(2).
Solin, S. B., Masganti, & Arlina. (2019). Pengaruh Bermain Drum Band Dari Bahan Bekas Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun. 07(01), 129–140. Https://Doi.Org/Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Raudhah/Oai
Sukmayadi, Y., & Purnama, A. (2016). Model Pembelajaran Komposisi Musik Sekolah Melalui Pemanfaatan Perkakas Tangan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 17(3), 158–169. Https://Doi.Org/10.24821/Resital.V17i3.2225
Sumaryanto F., T., & Utomo, U. (2015). Forms, Development And The Application Of Music Media In The Kindergartens: A Comparative Study Of Two Kindergartens. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 15(2), 101–106. Https://Doi.Org/10.15294/Harmonia.V15i2.4099
Udi Utomo. (2004). Pembelajaran Musik Di Taman Kanak-Kanak. Harmonia - Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 1–14. Https://Doi.Org/10.15294/Harmonia.V5i3.824
Ulucay, T. (2019). A Research On The Art Needs Of Music Teacher Candidates. Universal Journal Of Educational Research, 7(4), 923–928. Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2019.070402
Wadiyo, W. (2015). Music As An Integrated Education Tool For Preschool Students. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 15(2), 144–151. Https://Doi.Org/10.15294/Harmonia.V15i2.4691
Wadiyo, Wadiyo, & Haryono, S. (2016). Uji Coba Produk Lagu Anak-Anak Bertema Pendidikan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 17(3), 170–177. Https://Doi.Org/10.24821/Resital.V17i3.2226
Wadiyo, Wadiyo, & Utomo, U. (2018). Pengembangan Materi Ajar Seni Budaya Sub Materi Musik Pada Sekolah Umum Jenjang Pendidikan Dasar. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 17(2), 87–97. Https://Doi.Org/10.24821/Resital.V17i2.2221
Wicaksono, R. Y., & Utomo, U. (2017). Daya Tarik Lagu Bagi Anak Usia Dini : Studi Kasus Di TK Pertiwi I Singodutan, Wonogiri. Jurnal Seni Musik, 6(2), 91–93. Https://Doi.Org/10.15294/Jsm.V8i2.32610
Yetti, E., & Khairiah, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Musikalitas Melalui Bermain Alat Musik Dol. Jurnal Pendidikan Usia DinI, 11(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/JPUD.112.03
Yosep, W. (2004). Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Usia Dini (The Learning Of Creative Music In Early-Childhood Children). Harmonia - Journal Of Arts Research And Education, 5(1). Https://Doi.Org/10.15294/Harmonia.V5i1.829
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.