Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19

  • Jauharotur Rihlah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Ulufiyatul Kamilah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Destita Shari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Keywords: Pendidikan Karakter; pandemi covid-19

Abstract

Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan hal utama yang harus ditanamkan sejak dini,  karena sebagai pedoman untuk membentuk suatu kebiasaan positif dan sebagal bekal pengetahuan pendidikan selanjutnya. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pendidikan karakter anak usia dini di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan didukung pengambilan data berupa observasi. Subyek penelitian ini menggunakan 30 responden anak didik di TK Dharma Wanita Kecamtan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengambilan data berupa kuesioner/angket yang terdiri dari 8 butir pertanyaan terkait pendidikan karakter anak usia dini yang meliputi kemandirian, percaya diri, dan tanggung jawab. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif kuantitatif yang berupa persentase, dari data yang didapatkan presentase perolehan aspek penanaman pendidikan karakter berada pada kategori mulai berkembanga dengan hasil 47% aspek kemandirian, 48% aspek percaya diri, dan 42% aspek tanggung jawab, sehingga diperoleh hasil rata-rata penanaman pendidikan karakter selama pandemi covid-19 berada pada kategori mulai berkembang dengan nilai presentase 46%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

. Amalina. 2020. Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 538-548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592

. Bibigul, A., Orynkul, S., Lyudmila, K., & Aelita, S. 2015. The Rating System of the Rural School Pupils’ Assessment of the Republic of Kazakhstan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 1152–1158. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.0%204.127

. Fadlillah, Azizah Nurul. 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 373-384. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

. Fitri, Mardi. 2020. Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Child Education Journal. Volume 2, No. 2, 68-82 https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1591

. Fitriyah, Fifi Khoirul., & Budi Purwoko. 2017. Youth Narcissistic And Aggression: A Challenge For Guidance And Counseling Service In University. ICEI Volume 173 nc/4.0/. http://creativecommons.org/licenses/by

. Hidayah, Devi S. N & Kuswanto, Cahniyo W. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak An-Nahl Bandar Lampung. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1 https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3080

. Latifah, dkk. Tanpa Tahun. Gambaran Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Oleh Guru Di Lembaga PAUD Adzkia Iii Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/

. Macmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/872

. Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

. Novena, V. V., & Kriswandani, K. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.%20p189-196

. Oktaria, Renti & Putra, Purwanto. 2020. Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD Vol 7, No. 1 (2020) p-ISSN 2337-8301; e- ISSN 2656-1271 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index

. Pramana, Cipta. 2020. Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 2 Juli 2020 e-ISSN: 2655-6561 http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/IJEC

. Purwanto, dkk. 2012. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 6, Edisi 2.

. Reswita. 2017. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Capaian Perkembangan Anak. PAUD. Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No 1, Oktober 2017. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.506

. Riyadi, Eko Nur. 2016. Tingkat Kemandirian Anak Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mutiara Insani Brosot Galur Kulon Progo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan.

. Rohyati.2015. Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek di TK Tunas Ibu Kalasan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan.

. Sari, Evi Yunita., dkk. 2016. Profil Kemampuan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Ipa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 1 Rajabasa Jaya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016)

. Scherer, R., & Siddiq, F. 2019. The relation between students’ socioeconomic status and ICT literacy: Findings from a meta-analysis. Computers & Education, 138, 13–32. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2 019.04.011

. Suyanto, Slamet. 2012. Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 1, Edisi

. Widianawati, N. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan Kecerdasan Kinestetika Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(Edisi Khusus), 220–228. Retrieved from http://www.academia.edu/download/34 063262/22- NANA_WIDHIANAWATI-bl.pdf

Published
2020-09-30
How to Cite
Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51-61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4878
Abstract viewed = 6450 times
PDF downloaded = 6419 times