PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TK AISYIYAH II KOTA PEKANBARU

  • Susi Herlinda
Keywords: Peran Komite, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru di TK Aisyiyah II Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif Dalam penelitian ini, yang menjadi subyek penelitian adalah komite sekolah (pengurus dan anggota), satuan pendidikan (kepala sekolah dan guru). Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah peran komite sekolah TK Aisyiyah II Kota Pekanbaru Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa komite sekolah TK Aisyiah II Kota Pekanbaru dalam melaksanakan perannya sebagai badan pertimbangan adalah peningkatan kesejahteraan guru-guru, mereewood guru yang dianggap berprestasi, pengadaan buku baik bagi anak maupun untuk sekolah ini, serta merekrut guru honorer untuk memperlancar proses belajar mengajar. Sebagai badan pendukung komite berperan melibatkan tokoh masyarakat atau pemerintah apabila menghadapi suatu masalah, memantau kondisi ketenagaan pendidikan di sekolah, ikut menyumbang dalam bentuk tenaga dalam perbaikan sekolah, memantau kondisi sarana dan prasarana yang ada di sekolah, serta mengkoordinasikan dukungan terhadap anggaran pendidikan di sekolah. Sebagai badan pengontrol yaitu komite mengontrol proses perencanaan pendidikan dan pengawasan terhadap kualitas program sekolah, memberikan saran, dan pihak komite berperan menjadi penghubung antara, komite sekolah dengan masyarakat, dengan sekolah dan dengan dewan pendidikan dalam hal perencanaan pendidikan. Komite juga berperan mengidentifikasi aspirasi masyarakat untuk perencanaan pendidikan dan mengkomunikasikan ataupun menyampaikan pengaduan dan keluhan masyarakat terhadap sekolah, serta membuat usulan kebijakan dan program pendidikan kepada sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Idrus dan Fachruddin Saudagar. 2009. Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: Gaung Persada..
Hidayat, Hanif. 2012. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Otomotif SMk Negeri Se-Kabupaten Sleman. Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta.
Jalal, Fasli dan Dedi Supriadi. 2001. Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusantara
Kusdaryani, et.al. “Efektivitas Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan” Jurnal Media Penelitian Pendidikan, Volume 2, Nomor 2, Desember 2008.
Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.
Misbah, M. “Peran dan Fungsi Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Vol. 14, No 01, Jan-Apr 2009.
Moh. Uzer usman. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Nawawi, H. Hadari. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia.. Yogyakarta: Penerbit Gajah Mada University Press.
Rachmawati, Tutik, dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.
Samsudin, Sadili. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional (Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru). Jakarta : Ar-ruzz Media.
Yeni, M. “Pengaruh Visi-Misi Sekolah dan Peran Komite Sekolah terhadap Keefektifan Sekolah” Jurnal Pembelajaran. Vol. 30, No. 02, Agustus 2008.
Published
2017-09-07
How to Cite
Herlinda, S. (2017). PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI TK AISYIYAH II KOTA PEKANBARU. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.498
Section
Articles