EFEKTIVITAS MEDIA KINCIR KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN DHARMAWANITA PAINAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

  • Engla Devitawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Media Kincir Kata, Kemampuan Membaca, TK

Abstract

Penelitian ini bermula dari permasalahan yang dihadapi di TK Harapan Dharmawanita Painan bahwa kurangnya kemampuan anak dalam kegiatan membaca. Hal tersebut terlihat dari kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca anak sehingga anak mudah jenuh dan merasa bosan terhadap kegiatan yang diberikan oleh guru. Selain itu guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan / mengenalkan huruf  pada  anak,  anak  sulit  untuk  membaca  kata  pada  gambar,  anak  kurang mampu menghubungkan gambar dengan kata serta anak kurang mampu menyebutkan kosakata yang ada pada gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan media kincir kata terhadap kemampuan membaca anak di TK Harapan Dharmawanita Painan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah anak TK Harapan Dharmawanita Painan yang berjumlah 55 orang yang terbagi dalam 4 kelompok belajar dan dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling, yaitu kelompok belajar B2 dan B3, dimana kelompok belajar B2 sebagai kelas eksperimen dan kelompok belajar B3 sebagai kelas kontrol dengan alasan dikelas B2 dan B3 memiliki jumlah yang sama yaitu 14 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).

Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan media kincir kata memiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan   anak   pada   kelas   kontrol   yang   menggunakan   media   jalinan   kata. Berdasarkan perhitungan t-test pada saat posttest diperoleh lebih besar dari posttest. menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  signifikan  antara  kedua  kelas tersebut. Hasil temuan tentang efektivitas media kincir kata terhadap kemampuan membaca pada anak di Taman Kanak-kanak Harapan Dharmawanita Painan Kabupaten Pesisir Selatan dapat diimplikasikan bahwa media kincir kata memiliki keefektifan yang signifikan terhadap kemampuan membaca pada anak  di Taman Kanak-Kanak Harapan Dharmawanita Painan Kabupaten Pesisir Selatan dimana dalam kegiatan membaca anak merasa senang dan antusias dalam melakukan kegiatan mencari kata yang sama, menyusun suku kata dan menyusun huruf menjadi kata untuk melakukan kegiatan membaca, dengan cara seperti itu yang nantinya akan membantu untuk mengembangkan kemampuan membaca secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, dkk. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (Panduan Praktis Bagi Ibu danCalon Ibu). Bandung: Alfabeta.
Arifin, Zinal. 2011. Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Musbikin, Imam.2010. Buku Pintar PAUD. Yogyakarta : Laksana.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Prasetyono, Sunar Dwi. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Diva Press.
Santrock, john.2007. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Suhartono (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Prenada Media Group.
Sutjipto, Bambang.2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Published
2017-09-13
How to Cite
Devitawati, E. (2017). EFEKTIVITAS MEDIA KINCIR KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN DHARMAWANITA PAINAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12-21. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.499
Section
Articles