EFEKTIVITAS MEDIA KINCIR KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN DHARMAWANITA PAINAN KABUPATEN PESISIR SELATAN
Abstract
Penelitian ini bermula dari permasalahan yang dihadapi di TK Harapan Dharmawanita Painan bahwa kurangnya kemampuan anak dalam kegiatan membaca. Hal tersebut terlihat dari kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca anak sehingga anak mudah jenuh dan merasa bosan terhadap kegiatan yang diberikan oleh guru. Selain itu guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan / mengenalkan huruf pada anak, anak sulit untuk membaca kata pada gambar, anak kurang mampu menghubungkan gambar dengan kata serta anak kurang mampu menyebutkan kosakata yang ada pada gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan media kincir kata terhadap kemampuan membaca anak di TK Harapan Dharmawanita Painan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah anak TK Harapan Dharmawanita Painan yang berjumlah 55 orang yang terbagi dalam 4 kelompok belajar dan dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling, yaitu kelompok belajar B2 dan B3, dimana kelompok belajar B2 sebagai kelas eksperimen dan kelompok belajar B3 sebagai kelas kontrol dengan alasan dikelas B2 dan B3 memiliki jumlah yang sama yaitu 14 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan media kincir kata memiliki rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan media jalinan kata. Berdasarkan perhitungan t-test pada saat posttest diperoleh lebih besar dari posttest. menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas tersebut. Hasil temuan tentang efektivitas media kincir kata terhadap kemampuan membaca pada anak di Taman Kanak-kanak Harapan Dharmawanita Painan Kabupaten Pesisir Selatan dapat diimplikasikan bahwa media kincir kata memiliki keefektifan yang signifikan terhadap kemampuan membaca pada anak di Taman Kanak-Kanak Harapan Dharmawanita Painan Kabupaten Pesisir Selatan dimana dalam kegiatan membaca anak merasa senang dan antusias dalam melakukan kegiatan mencari kata yang sama, menyusun suku kata dan menyusun huruf menjadi kata untuk melakukan kegiatan membaca, dengan cara seperti itu yang nantinya akan membantu untuk mengembangkan kemampuan membaca secara optimal.
Downloads
References
Arifin, Zinal. 2011. Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Musbikin, Imam.2010. Buku Pintar PAUD. Yogyakarta : Laksana.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Prasetyono, Sunar Dwi. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Diva Press.
Santrock, john.2007. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Suhartono (2005). Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Prenada Media Group.
Sutjipto, Bambang.2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.