PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LINGKARAN ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK QATRINNADA KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG

  • Nova Oktriyani Universitas Negeri Padang
Keywords: Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini, Permainan Lingkaran Angka

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kemampuan berhitung anak didik masih rendah di Taman Kanak-kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Tujuan  penelitian  tindakan  kelas  ini  adalah  untuk  meningkatkan kemampuan berhitung anak didik di Taman Kanak-kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Kota Padang  melalui permainan lingkaran angka. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelompok B4 yang berjumlah 10 orang di Taman Kanak-kanak Qatrinnada   Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi dan dokumentasi, selanjutnya data observasi di olah dengan teknik persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. SiklusI  dilaksanakan tiga  kali  pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan yang dilakukan berdasarkan tahap pelaksanaannya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian setiapsiklus telah menunjukkan adanya peningkatan berhitung anak melalui permainan lingkaran angka, namun pada siklus I belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, meningkat mencapai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan berhitung anak didik mengalami peningkatan melalui permainan lingkaran angka. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui permainan lingkaran angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini di Taman Kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bentri, Alwen. 2005. Usulan Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di LPTK. Padang: UNP.
Hartati, Sofia. 2006. Anak Usia Dini. Jakarta: Britz Publisher.
Hasan, Maimunah. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.


Kamtini, Husni, dkk. 2005. Bermain melalui gerak dan lagu di TK. Jakarta: Depdiknas Dirjen DIKTI.
Mulyasa. 2012. Manajemen Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mutiah. 2009. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Moeslichatoen, R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Panduan Penulisan Skripsi. 2014. Panduan Penulisan Skripsi. UNP: Padang.
PERMEN RI No 58 Tahun 2010. Tentang Standar Pendidikan AUD. Jakarta: Depdiknas.
Mulyasa. 2012. Manajemen Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mutiah. 2009. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Moeslichatoen, R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Panduan Penulisan Skripsi. 2014. Panduan Penulisan Skripsi. UNP: Padang.
PERMEN RI No 58 Tahun 2010. Tentang Standar Pendidikan AUD . Jakarta: Depdiknas.
Published
2017-10-11
How to Cite
Oktriyani, N. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LINGKARAN ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK QATRINNADA KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 82-96. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.510
Section
Articles