Pengaruh Sistem Punishment terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-7 Tahun

  • Nuryeti Universitas Panca Sakti
  • Rita Aryani Universitas Pancasakti Bekasi
Keywords: Punishment Disiplin Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh punishment terhadap kedisiplinan anak usia 5-7 tahun dan berapa besar peningkatannya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Metode One Group Pretest-Posttest. Berdasarkan pengamatan di TKQ Al-Mubarokah pada bulan April 2021 bahwa dari 14 anak yaitu 8 anak memiliki kedisiplinan pada kriteria berkembang Sesuai Haarapan  ( BSH ) dan 6 anak memiliki kedisiplinan pada kriteria Mulai Berkembang ( MB ). Hal ini terlihat masih adanya anak yang masuk kelas tidak pada waktunya , menyimpan tas tidak pada tempat yang telah disediakan oleh sekolah, tidak mengikuti kegiatan berbaris sebelum masuk kelas, masih adanya anak yang tidak sabar menunggu giliran. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi untuk memperkuat data tentang pengaruh system punishment terhadap kedisiplinan anak usia dini. Dari analisis data diketahui adanya peningkatan kedisiplinan anak yang dapat dilihat dari observasi pretest yang memperoleh angka rata-rata 14,28% masuk kriteria Berkembang Sesuai Harapan ( BSH ) dan posttest yang memperoleh angka rata-rata 30% termasuk kriteria  Berkembang Sangat Baik ( BSB ).

Kata Kunci : Hukuman, Disiplin , Anak Usia Dini

 

ABSTRACT

This study aims to determine whether there is an effect of punishment on the discipline of children aged 5-7 years and how much the increase is. This research method uses quantitative research with the type of research Quasi Experimental Method One Group Pretest-Posttest. Based on observations at TKQ Al-Mubarokah in April 2021 that out of 14 children, 8 children haveDiscipline on the criteria of developing according to expectations (BSH) and 6 children have discipline on the criteria of Starting to Develop (MB). It can be seen that there are still children who enter class on time, store bags not in the place provided by the school, do not take part in marching activities before entering class, there are still children who cannot wait their turn. Collecting data through observation and documentation to strengthen data on the effect of the punishment system on early childhood discipline. From the data analysis, it is known that there is an increase in children's discipline which can be seen from the observation of the pretest which obtained an average score of 14.28% which entered the criteria for Developing According to Expectations (BSH) and the posttest which obtained an average score of 14.28%.an average of 30% including very well developed criteria (BSB).

Keywords :  Punishment, Discipline, Early Childhood

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Alaazi, D. A., Salami, B., Yohani, S., Vallianatos, H., Okeke-Ihejirika, P., & Nsaliwa, C. (2018). Transnationalism, parenting, and child disciplinary practices of African immigrants in Alberta, Canada. Child Abuse & Neglect, 86, 147–157. https://doi.org/10.1016/J.CHIABU.2018.09.013

Alim, M. L. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Melambungkan dan Menangkap dengan Berbagai Media Anak Usia Dini di TK Al- Fajar Pekanbaru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 83–93. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V1I2.64

Chintia, N. (2017). Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 1(2), 112–120. https://doi.org/10.33222/PELITAPAUD.V1I2.205

Fahira, N., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Pengaruh Kolase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4. 5851-Research Results-19910-1-10-20210405.pdf

Firestone, P., & Douglas, V. (1975). The effects of reward and punishment on reaction times and autonomic activity in hyperactive and normal children. Journal of Abnormal Child Psychology, 3(3), 201–216. https://doi.org/10.1007/BF00916751

Fono, Y. M., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orangtua Pengganti. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 537. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.245

Hasanah, P. F. A., Hartati, S., & Yetti, E. (2021). Apakah Bela Diri Pencak Silat dapat Melatih Kedisiplinan pada Anak ? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2082–2089. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1068

Jakešová, J., & Slezáková, S. (2016). Rewards and Punishments in the Education of Preschool Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 322–328. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.095

Knafo, A., psychology, R. P.-J. of personality and social, & 2006, undefined. (2006). Parental discipline and affection and children’s prosocial behavior: genetic and environmental links. Psycnet.Apa.Org. https://doi.org/10.1037/0022-3514.90.1.147

Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=nT6-.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (Pertama). Remaja Rosdakarya, https://scholar.google.com/scholar?cluster=6628403.

Nizar, I. A. I. (2009). Membentuk & meningkatkan disiplin anak sejak dini / Imam Ahmad Ibnu Nizar | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Diva Press. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=699223#

Pramono, D., & Risnawati, A. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Latihan Pembiasaan Penggunaan Toilet di KB Al-Hidayah Insan Mandiri Kabupaten Bandung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.8

Prima, E. 2016. (2016). Efektivitas pemberian reward melalui metode token ekonomi untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini. Journal.Unnes.Ac.Id. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/3655/3267

Sabartiningsih, M., Muzakki, J. A., & Durtam, D. (2018). IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60–77. https://doi.org/10.24235/AWLADY.V4I1.2468

Santrock, J. (2011). Perkembangan Anak. Erlangga.

Sesmiarni, Z. (2019). The Effective Moral Education on Early Childhood As an Effort Against Immoral Culture. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 561. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.191

Stenhouse, J. (2018). Investigating the Potential Effect of Race and Culture on Preservice Teachers’ Perceptions of Corporal Punishment and Its Subsequent Effect on Mandated Reporting. Australian Journal of Teacher Education, 43(11), 43. https://ro.ecu.edu.au/ajteRetrievedfromhttps://ro.ecu.edu.au/ajte/vol43/iss11/4https://ro.ecu.edu.au/ajte/vol43/iss11/4

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 130.

Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 570. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251

UU Sisdiknas No. 20. (2003). UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. 4, 147–173.

Published
2021-09-30
How to Cite
Nuryeti, & Aryani, R. (2021). Pengaruh Sistem Punishment terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-7 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 59-72. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7181
Abstract viewed = 404 times
Pdf downloaded = 0 times