Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Permainan Kotak Huruf Usia 4-5 Tahun Paud Tsamrotul Hasanah Karawang
Abstract
Kemampuan mengenal huruf adalah kesanggupan melakukan sesuatu dengan mengenali tanda dan ciri aksara dalam melakukan tata tulis.Langkah dalam pengenalan huruf kepada anak usia dini yaitu seperti menyebutkan huruf,menunjukan huruf,menghubungkan huruf dengan gambar.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan hasil perkembnangan atau data anak melalui permainan kotak huruf.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart .Subjek yang di ambil dalam penelitian ini adalah 16 anak di Paud Tsamrotul Hasanah.Tekinik pengumpulan data dari penelitian yaitu observasi,dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yaitu menggunakan teknis analisis kuantitatif dengan rumus persentasi f/n x 100% dan teknis analisis kualitatif dilihat dari hasil yang diperoleh yaitu dari observasi,wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian data yang diperoleh dalam meingkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kotak huruf sebelum dilakukan tindakan adalah 30,48% dalam kriteria kurang dengan kategori BB(Belum berkembang) Pada siklus I dengan kategori MB (Mulai berkembang) yaitu rata-rata 68,84% dan siklus II dengan kategori BSH (Berkembang sesuai harapan) dengan rata-rata 83,76%.Jadi peningkatan kemampuan mengenal huruf dari data awal 30,48% siklus I 68,84% dan siklus II sebanyak 83,76%.
Downloads
References
Adijah, I., Sulaeman, O., & Solihin. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Gerakan Nasional Indonesia Membaca (GNIM) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Waladuna,Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 102–109.
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.); revisi cet). PT Bumi Aksara.
Chairilsyah Daviq. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68
Devitawati, E. (2017). Efektivitas Media Kincir Kata Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Taman Kanak-Kanak Harapan Dharmawanita Painan Kabupaten …. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). http://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/499
Karoma, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 60–66. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.501
Kemendikbud, R. (2014). Standar isi tentang tingkat pencapaian perkembangan anak. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, 1–31.
Kurnia, R. (2020). 87| PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4 No 1, Oktober 2020. 4(1), 32–41. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
Masna. (2016). Masna. (2016). Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B Kb Anggrek Muara Badak Tahun Ajaran 2015 / 2016.Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B Kb Anggrek Muara Badak Tahun Ajaran 2015 / 2016.
Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membacapermulaananak Melalui Media Kartuhuruf Di Kelompok B Tk Kartika Xx-46 Kendari. Jurnal Smart Paud, 2(1), 54. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5921
Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. 14–14. https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555
Sumaliwati, N. P. H. S., Jampel, I. N., & Asril, N. M. (2015). Penerapan Metode Bermain Dengan Media Kotak Huruf Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak. E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/5886
Sumiati, A. Y., & Komala. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Permainan Kotak Huruf pada Kelompok B. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(6), 591–601.
Sungkowati, E. R. (2013). Implementasi Permainan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Di Paud Bina Bahagia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Suprihatin, A. (2019). Peningkatan Kreativitas Berbahasa Melalui Metode Bercerita dengan media gambar. 5. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3964.g2103
Tiningsih, Emi, D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education And Development, Vol.8(2), 399–408. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1729
Triana, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 24–38. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27194
Usman, M. (2015). Perkembangan bahasa dalam bermain dan permainan (H. Rahmadhani (ed.); cetakan pe). CV BUDI UTAMA. https://doi.org/978-623-209-522-9
Copyright (c) 2021 Siti Nurul Fazriah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.