Peran Orangtua dalam Menerapkan Pembelajaran pada Anak Usia Dini di Rumah Saat Pandemi COVID 19

  • Ilga Maria Universitas Riau
Keywords: Peran orangtua; Pembelajaran

Abstract

Peran orang tua sangat diperlukan dalam proses pembelajaran dirumah salama pandemic Covid-19 dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada anak yang untuk beraktivitas didalam rumah. Peran orang tua dalam proses pembelajaran dirumah adalah mendampingi anak dalam belajar dan beraktivitas pada kegiatan postif dan konstruktif. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua anak usia dini dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Sampel penelitian ini memfokuskan pada orang tua yang memiliki anak usia dini yang berjumlah 69 orang tua. Adapun penentuan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Setelah data terkumpul, maka akan dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif. Penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran orangtua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid-19 ditinjau dari aspek orang tua sebagai guru di rumah, sebagai fasilitator, sebagai motivator, dan sebagai pemberi pengaruh atau director. Secara keseluruhan diperoleh persentase sebesar 82,8% dan termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Artinya orang tua telah berperan bagi anak dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asilestari, P. (2016). RETRACTED: Komputer Interaktif sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 55–62.

Erdogan, N. I., Johnson, J. E., Dong, P. I., & Qiu, Z. (2019). Do parents prefer digital play? Examination of parental preferences and beliefs in four nations. Early Childhood Education Journal, 47(2), 131–142.

Hatzigianni, M., & Kalaitzidis, I. (2018). Early childhood educators’ attitudes and beliefs around the use of touchscreen technologies by children under three years of age. British Journal of Educational Technology, 49(5), 883–895.

Hurlock, E. B. (1978). Chid Depelopment (6th ed.). McGraw Hill.

Imron, A. (1995). Kebijaksanaan pendidikan di Indonesia: Proses, produk dan masa depannya. Bumi Aksara.

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214–224.

Jebba, A. M., & Umaru, N. N. (2019). The Role of Social Media in Reshaping the Academic Activities of Vocational and Technical Education Lecturers in Nigeria. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 735–741.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Kholil, A. (2020). Manajemen Peserta Didik Dalam Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srengat.

Kong, S. C., Chan, T.-W., Griffin, P., Hoppe, U., Huang, R., Kinshuk, Looi, C. K., Milrad, M., Norris, C., & Nussbaum, M. (2014). E-learning in school education in the coming 10 years for developing 21st century skills: Critical research issues and policy implications. Journal of Educational Technology & Society, 17(1), 70–78.

Kwon, J. B., DeBruler, K., & Kennedy, K. (2019). A snapshot of successful K-12 online learning: Focused on the 2015-16 academic year in Michigan. Journal of Online Learning Research, 5(2), 199–225.

Layne, M., Boston, W. E., & Ice, P. (2013). A longitudinal study of online learners: Shoppers, swirlers, stoppers, and succeeders as a function of demographic characteristics. Online Journal of Distance Learning Administration, 16(2), 1–12.

Lepicnik-Vodopivec, J., & Samec, P. (2013). Communication technology in the home environment of four-year-old children (Slovenia). Comunicar: Revista Científica de Comunicación y Educación, 20(40), 119–126.

Livingstone, S., Mascheroni, G., Dreier, M., Chaudron, S., & Lagae, K. (2015). How parents of young children manage digital devices at home: The role of income, education and parental style.

Master, A., & Walton, G. M. (2013). Minimal groups increase young children’s motivation and learning on group‐relevant tasks. Child Development, 84(2), 737–751.

Mikelic Preradovic, N., Lešin, G., & Šagud, M. (2016). Investigating Parents’ Attitudes towards Digital Technology Use in Early Childhood: A Case Study from Croatia. Informatics in Education, 15(1), 127–146.

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212–228.

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588–596.

Puspitasari, R. (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan Di Indonesia. Https://Iain-Surakarta.Ac.Id/Hikmah-Pandemi-Covid-19-Bagi-Pendidikan-Di-Indonesia/#:~:Text=Adanya%20pandemi%20covid%2D19%20juga,Dan%20mengawasi%20belajar%20anak%20dirumah.

Setyadi, A., Iskak, A., Sukmaningrum, R., & Hawa, F. (2015). Komputer Interaktif sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–12.

Shareen, M. A., Khan, S., Kasmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Advance Research, 24(July), 91–98.

Sharkins, K. A., Newton, A. B., Albaiz, N. E. A., & Ernest, J. M. (2016). Preschool children’s exposure to media, technology, and screen time: Perspectives of caregivers from three early childcare settings. Early Childhood Education Journal, 44(5), 437–444.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2014). Pengantar statistik Pendidika. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Taufik, A., Apendi, T., Saidi, S., & Istiarsono, Z. (2019). Parental Perspectives On The Excellence Of Computer Learning Media In Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 356–370.

Veleza, A. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung.

Yu, E. (2020). Student-Inspired Optimal Design of Online Learning for Generation Z. Journal of Educators Online, 17(1), n1.

Published
2021-09-30
How to Cite
Maria, I. (2021). Peran Orangtua dalam Menerapkan Pembelajaran pada Anak Usia Dini di Rumah Saat Pandemi COVID 19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 35-48. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7522
Abstract viewed = 1456 times
Pdf downloaded = 0 times