Evaluasi Model Kemitraan Sekolah dengan Orangua dalam Pembelajaran dari Rumah Melalui Pendekatan CIPP

  • Rika Rahmawati Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Universitas Negeri Padang
Keywords: Evaluasi model kemitraan, kemitraan orangtua dan sekolah, pembelajaran dari rumah, pendekatan CIPP, Anak usia dini

Abstract

Keberhasilan kemitraan antara sekolah orang tua dan masyarakat akan berpengaruh pada kemajuan peserta didik dalam kegiatan pembelajarannya Model kemitraan sekolah dengan orangtua pada saat BDR perlu di evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaannya serta tindak lanjut dari hasil evaluasi evaluasi yang digunakan yaitu pendekatan content, input, process dan product. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil evaluasi model kemitraan sekolah dengan orangtua dalam pembelajaran dari rumah melalui pendekatan CIPP. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan  peneliti sebagai informan penelitian dan snowball sampling sebagai Teknik penyamplingan. Adapun yang dijadikan sebagai subjek penelitian ini yaitu kelompok anak usia dini yang tersebar di di dua PAUD di kecamatan Kabun yaitu PAUD Mekar sehati, dan PAUD Permata Hati. Data dikumpulkan melalui pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada komponen konteks berada pada kategori sangat baik, pada komponen input berada pada kategori baik, pada komponen proses berada pada kategori sangat baik, dan pada komponen output berada pada kategori sangat baik.

Abstract

The success of the partnership between parents' schools and the community will affect the progress of students in their learning activities. The school-parent partnership model at the time of BDR needs to be evaluated to measure the level of success of its implementation as well as follow-up to the results of the evaluation evaluation used, namely the content, input, process and product. The purpose of this study was to describe the results of the evaluation of the school partnership model with parents in learning from home through the CIPP approach. The research methodology used is a qualitative approach with the researcher as the research informant and snowball sampling as the sampling technique. The subjects of this research are groups of early childhood spread across two PAUD in the Kabun sub-district, namely PAUD Mekar Sehati, and PAUD Permata Hati. Data were collected through observation, interviews and documentation guidelines. The data analysis technique used was through the stages of data reduction, data display, conclusion and verification. From the results of the study, it was found that the context component was in the very good category, the input component was in the good category, the process component was in the very good category, and the output component was in the very good category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acar, I. H., Uçuş, Ş., & Yıldız, S. (2019). Parenting and Turkish children’s behaviour problems: the moderating role of qualities of parent–child relationship. Early Child Development and Care, 189(7), 1072–1085.

Alzubi, T., Fernández, R., Flores, J., Duran, M., & Cotos, J. M. (2018). Improving the Working Memory During Early Childhood Education Through the Use of an Interactive Gesture Game-Based Learning Approach. IEEE Access, 6, 53998–54009. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2018.2870575

Ayunda Yani; Wijaya, Sony, W. A. N. (2020). Evaluasi Guideline Dan E-Learning Digital Literacy Menggunakan Model Cipp. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, Vol 41, No 1 (2020): JUNI, 99–110. http://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/index.php/baca/article/downloadSuppFile/505/40

Gershater-Molko, R. M., Lutzker, J. R., & Wesch, D. (2003). Project SafeCare: Improving health, safety, and parenting skills in families reported for, and at-risk for child maltreatment. Journal of Family Violence, 18(6), 377–386.

Greene, J. C. (1991). The evolution of evaluation methodology. Theory into Practice, 30(1), 13–21.

Hurmaini, M. (2015). Evaluation on Social Internship Program of Iain Sultan Thaha Saifuddin Jambi Students: Using Context, Input, Process and Product Model (CIPP Model). Journal of Education and Practice, 6(11), 56–62.

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10–25.

Kurniawan, D., Dwikurnaningsih, Y., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi program supervisi akademik di PAUD swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 107–123.

Kusna Subar, N. A. A. J. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). INKLUSI Journal of Disability Studies, Vol 5, No 2 (2018), 179–194. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/1453/pdf

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346–355.

Maimun. (2016). Evaluasi Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kota Mataram. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 18 No 3 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan, 186–201. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/5368/3995

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo:Zifatama Publisher.

Mansur. (2019). Evaluasi Program Outbound Di Tk Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.supflu.2008.07.002

Minuchin, P. (1985). Families and individual development: Provocations from the field of family therapy. Child Development, 289–302.

Nursita, Y., & Saepudin, A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada Pelatihan Parenting Dengan Menggunakan Pendekatan Model Cipp Di Pkbm Melati Jayagiri. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2).

Siyoto, S. & A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing.

Stufflebeam dan shinkfield. (1985). Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran (Study Kasus di Kelompok Bermain Al-Munawar). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 154–164.

Suhenda, N., Setijaningsih, L., & Suryanti, Y. (2017). Penentuan rasio antara kadar karbohidrat dan lemak pada pakan benih ikan patin jambal (Pangasius djambal). Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia, 9(1), 21–30.

Yudiawan, A. (2020). Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 6 No 1 (2020): Al-Fikr, 10–16. https://jurnal-tarbiyah.stainsorong.ac.id/index.php/alfikr/article/view/64/51

Published
2022-03-28
How to Cite
Rahmawati, R., & Yaswinda. (2022). Evaluasi Model Kemitraan Sekolah dengan Orangua dalam Pembelajaran dari Rumah Melalui Pendekatan CIPP . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 37-44. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8519
Abstract viewed = 121 times
Pdf downloaded = 0 times