Evaluasi Program Parenting di Taman Kanak-Kanak Menggunakan Model Evaluasi Context, Input, Process and Product

  • Umi Universitas Negeri Padang
  • Yaswinda Universitas Negeri Padang
Keywords: Evaluasi, Program Parenting, Pendidikan, Model Evaluasi CIPP, Anak Usia Dini

Abstract

Evaluasi program pendidikan merupakan studi yang sistematis dan didesain, dilaksanakan, serta dilaporkan untuk membantu meningkatkan manfaat program-program Pendidikan salahsatunya adalah program parenting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program parenting dengan menggunakan analisis Context, input, process, dan product atau CIPP. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan  peneliti sebagai informan penelitian dan snowball sampling sebagai Teknik penyamplingan. Data dikumpulkan melalui pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  evaluasi    context    berupa    tujuan    program    parerting yang terencana dengan sangat baik oleh pimpinan satuan Pendidikan. Evaluasi  Input  yaitu  ketercapaian target program parenting pada satuan Pendidikan Taman Kanak-kanak yang menjadi objek penelitian dan hasilnya sudah sangat baik. Evaluasi Process kegiatan parenting dinilai sudah terlaksana sesuai program yang direncanakan dan sangat baik. Evaluasi Product yang dinilai adalah luaran yang dicapai setelah kegiatan parenting berupa  kerjasama dengan orang tua wali murid dan berkoordinasi dengan instansi terkait.  Berdasarkan  hasil  evaluasi  maka  rekomendasi  yang  diberikan  adalah melanjutkan  program parenting karena  pelaksanaan  program  sudah  berjalan  sesuai  dengan harapan dan memberikan hasil yang bermanfaat.

Abstract:

Evaluation of educational programs is a systematic study designed, implemented, and reported to help increase the benefits of educational programs, one of which is the parenting program. The purpose of this research is to develop a parenting program using context, input, process, and product analysis or CIPP. The research methodology used is a qualitative approach with the researcher as the informant and snowball sampling as the sampling technique. Data were collected through observation, interviews and documentation guidelines. The data analysis technique used is through the stages of data reduction, data display, conclusions and levers. The results showed that the context evaluation was in the form of planning a program of objectives that was very well planned by the head of the kindergarten education unit. Input evaluation is the achievement of the parenting program target in the Kindergarten Education unit which is the object of research and the results are very good. Evaluation The process of parenting activities that are considered to have been carried out according to the planned program and is very good. The evaluation of the product assessed is the outcome achieved after parenting activities in the form of collaboration with parents and guardians of students and coordination with relevant agencies. Based on the evaluation results, the recommendation given is to continue the parenting program because the program has been running as expected and has provided useful results.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alzubi, T., Fernández, R., Flores, J., Duran, M., & Cotos, J. M. (2018). Improving the Working Memory During Early Childhood Education Through the Use of an Interactive Gesture Game-Based Learning Approach. IEEE Access, 6, 53998–54009. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2018.2870575

Ayunda Yani; Wijaya, Sony, W. A. N. (2020). Evaluasi Guideline Dan E-Learning Digital Literacy Menggunakan Model Cipp. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan InfoRMASI, Vol 41, No 1 (2020): JUNI, 99–110. http://jurnalbaca.pdii.lipi.go.id/index.php/baca/article/downloadSuppFile/505/40

Christiani, Y. (2018). Penerapan Model Cipp Dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), Vol 6 No 1 (2018). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/22560/20691

Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model Cipp (Context, Input, Process Dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, Vol 3, No 1 (2020): Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 37–53. http://jurnal.stitalamin.ac.id/index.php/alamin/article/view/39

Iriani Esther Yuli, A. E. (2021). Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1 (2021): June 2021, 117–126. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/525/pdf

Kusna Subar, N. A. A. J. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). INKLUSI Journal of Disability Studies, Vol 5, No 2 (2018), 179–194. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/1453/pdf

Latifah, U., & Sagala, A. C. D. (2015). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B Tk Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian PAUDIA, 112–132.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. AT TADIB, Vol 6, No 1 (2011): Teknologi Pendidikan. http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/551

Maimun. (2016). Evaluasi Program Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kota Mataram. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol 18 No 3 (2016): Jurnal Teknologi Pendidikan, 186–201. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/5368/3995

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo:Zifatama Publisher.

Mansur. (2019). Evaluasi Program Outbound di TK Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.supflu.2008.07.002

Mulyasa. (2014). Manajemen Paud. In Manajemen PAUD. Pustaka Budaya.

Obet Nego; Mondolu, D. C. (2019). Pentingnya Tongkat Didikan Dalam Pola Asuh Anak Berdasarkan Amsal 22:15 Sebagai Evaluasi Terhadap Permissive Parenting. SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, Vol. 7 No. 1 (2019): Scripta : Jurnal Teologia dan Pelayanan Kontekstual, 50–67. https://ejournal.stte.ac.id/index.php/scripta/article/view/60/44

Siyoto, S. & A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing.

Suryana Nurhafizah; Lina, Lina, D. N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 2 (2019): December 2019, 30 Articles, Pages 294-584, 346–355. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/200/pdf

Wahyuni, S., Reswita, ], Filtri, H., Universitas, ], & Kuning, L. (2018). Subjectif Well-Being Anak Yang Berasal Dari Keluarga Berstatus Ekonomi Sosial Rendah. In Lectura: Jurnal Pendidikan (Vol. 9, Issue 2).

Wisnu Dwi Rifa Jaka, E. (2019). ANALISIS Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Putussibau Utara Dengan Model Evaluasi Cipp (Context, Input, Porcess, Product). Maksi, Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Mahasiswa Magister AKUNTANSI. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/maksi/article/view/31330

Published
2022-03-29
How to Cite
Umi, & Yaswinda. (2022). Evaluasi Program Parenting di Taman Kanak-Kanak Menggunakan Model Evaluasi Context, Input, Process and Product. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 76-87. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8510
Abstract viewed = 104 times
Pdf downloaded = 0 times