Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok

  • Dadan Suryana Universitas Negeri Padang
  • Desmila Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kreativitas, bemain balok, anak usia dini

Abstract

Pengembangan kreativitas anak penting dilakukan pada usia dini, salahsatunya menggunakan media yang difasilitasi oleh sekolah yaitu balok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan kreativitas anak melalui metode bermain balok di TK Permata Mahkota Kecamatan Rambah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut Classroom Action Research. Penelitian dilakukan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui bermain balok. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas B di TK Permata Mahkota. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan secara umum pada perencanaan pembelajaran dalam Peningkatan Kreativitas Pada Anak Usia Dini khususnya kelompok B TK Permata Mahkota, Namun disarankan kepada guru-guru hendaknya lebih memvariasikan pengunaan alat peraga atau bentuk-bentuk balok agar lebih bervariasi dan tidak monoton dan menambah pengetahuan bagi anak. Guru Diharapkan dapat memodifikasi media balok yang sudah ada di sekolah agar bisa menark dan mengembangkan kreativitas anak saat bermain balok. 

Abstract

It is important to develop children's creativity at an early age, one of which is using media facilitated by the school, namely blocks. The purpose of this study was to obtain an overview of increasing children's creativity through the method of playing blocks in Permata Mahkota Kindergarten, Kecamatan Rambah. This research uses the method of classroom action research (CAR) or called Classroom Action Research. The research was conducted in the learning process to increase the creativity of early childhood through playing with blocks. Sources of data in this study were teachers and students of class B at Permata Mahkota Kindergarten. Based on the results of the study, there was a general improvement in learning planning in increasing creativity in early childhood, especially group B at Permata Mahkota Kindergarten. However, it is suggested that teachers should vary the use of teaching aids or blocks so that they are more varied and not monotonous and increase knowledge. for children. Teachers are expected to be able to modify the existing block media in schools so that they can attract and develop children's creativity when playing blocks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acar, I. H., Uçuş, Ş., & Yıldız, S. (2019). Parenting and Turkish children’s behaviour problems: the moderating role of qualities of parent–child relationship. Early Child Development and Care, 189(7), 1072–1085.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Chairilsyah, D. (2020). Improving the Visual Spatial Intelligence Puzzle Children Through Play in Group B3 Tk Trustees in State 1 Bangko District Rokan Hilir Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Bermain Puzzle Pada Kelompok B3. Jurnal Online Mahasiswa, 05(01), 1–8.

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200.

Fauzi, T. & B. I. U. (2019). Psikologi Perkembangan. Tangerang:Tira Smart.

Fauziddin, Moh. (2017). Penerapan Belajar Melalui Bermain dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(3).

Fauziddin, Mohammad. (2017). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(1), 1–10.

Gershater-Molko, R. M., Lutzker, J. R., & Wesch, D. (2003). Project SafeCare: Improving health, safety, and parenting skills in families reported for, and at-risk for child maltreatment. Journal of Family Violence, 18(6), 377–386.

Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga.

Hurmaini, M. (2015). Evaluation on Social Internship Program of Iain Sultan Thaha Saifuddin Jambi Students: Using Context, Input, Process and Product Model (CIPP Model). Journal of Education and Practice, 6(11), 56–62.

Kemalawati, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Alat Permainan Balok di Taman Kanak-Kanak Cipta Mulia Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 6(1).

Minuchin, P. (1985). Families and individual development: Provocations from the field of family therapy. Child Development, 289–302.

Mulyasa. (2014). Manajemen Paud. In Manajemen PAUD. Pustaka Budaya.

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19–27.

Rukiyati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Membentuk Balok Bangunan Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 135–150.

Senawati, R. M., Indarto, W., & Chairilsyah, D. (2016). the Influence of the Game a Puzzle Sand To Visual Spasial Intelligence of 5-6 Yeard Old Children At Tk Education 21 Kulim Subdistrict Pekanbaru Pengaruh Permainan Puzzle Pasir Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Education 21. 1–15.

Suhartini, P. (2017). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui metode bermain dengan permainan balok di Taman Kanak-Kanak Sabrina Sukarame Bandar Lampung. IAIN Raden Intan Lampung.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak.

Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 373–382.

Wulandari, N. (2014). Keefektifan pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas-VIII materi kubus-balok. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3).

Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

Published
2022-04-27
How to Cite
Suryana, D., & Desmila. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 143-153. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8632
Abstract viewed = 2535 times
Pdf downloaded = 0 times