Pengembangan Komik Subtema Binatang di Hutan terhadap Karakter Anak Usia Dini

Bestasa Ananda, Susun Nayati Nasution, Santa Idayana Sinaga

  • Bestasa Ananda Universitas PGRI Palembang
  • Susun Nayati Nasution Universitas PGRI Palembang
  • Santa Idayana Sinaga Universitas PGRI Palembang
Keywords: Kata Kunci : Komik Subtema Binatang Di Hutan, Karakter, Penelitian dan Pengembangan, Keywords: Sub-theme Comics Animals in the Forest, Characters, Research and Development

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur pengembangan komik subtema binatang di hutan sebagai media untuk menanamkan karakter bagi anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik subtema binatang di hutan terhadap karakter anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) berdasarkan prosedur model penelitian Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono terdiri dari 10 langkah, namun peneliti hanya menggunakan 7 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba, dan revisi produk. Produk komik subtema binatang di hutan ini di validasi oleh 2 ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Dari kedua ahli mendapat nilai validasi yaitu 89,73% yang mendapat kategori sangat valid. Komik ini diuji coba lapangan ke delapan anak usia 5-6 tahun TK Negeri Pembina Desa Lubuk Seberuk. Uji coba dibagi menjadi 2 yaitu uji coba perseorangan dan uji coba kelompok. Dari hasil uji coba lapangan didapatkan skor kelayakan sebesar 91,7% dan 80,55% yang berada pada kategori layak.

Abstract

The problem in this research is how the procedure for developing animal sub-theme cinnections is in the forest as a medium to instill character for children aged 5-6 years. This study aims to develop comics with sub-themes of animals in the forest for the characters of children aged 5-6 years. This study uses a Research and Development (RnD) type of research based on the Borg and Gall research model procedure modified by Sugiyono consisting of 10 steps, but the researcher only uses 7 steps, namely potential and problems, data collection, product design, design validation, product revision, trials, and product revisions. The comic product sub-theme of animals in the forest was validated by 2 experts, namely material experts and media experts. From the two experts got a validation value of 89.73% which got a very valid category. This comic was field tested to eight children aged 5-6 years in the Pembina State Kindergarten of Lubuk Seberuk Village. The trial was divided into 2, namely individual trials and group trials. From the results of field trials, it was found that the feasibility score of 91.7% and 80.55% were in the feasible category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8, 1–10.

Eka Sapti Cahyaningrum, Sudaryanti, N. A. P. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. UNY, 6, 203–213.

Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.

Hasanah, U. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 35–53.

Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. PT. Remaja Rosdakarya.

Julaeha. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1, 168–175.

Kurnia, D. S., Sastromiharjo, A., & ... (2021). Model Pengembangan Cerita Untuk Penguatan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obor PENMAS Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 87–100. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/OBORPENMAS/article/view/5965

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Mediawati, E. (2011a). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12.

Mediawati, E. (2011b). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pendidikan Karakter. Jurnal Teknodik, 12, 63–70.

Nana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Lakeisha.

Rihlah, Jauharotur, Ulufiyatul Kamilah, D. S. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(03), 53–61. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i03.248

Ropipah, F. (2019). Pengembangan Media Buku Cerita Komok Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini di PAUD Bandar Lampung Tahun 2018/2019. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (Vol. 3).

Sugiono, & Kuntjojo. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. https://doi.org/10.21009/jpud.102.04

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research ang Development. Alfabeta.

Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Kelautan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 311–320.

Yogi Yunefri, Zamzami , Heleni Filtri, Sri Wahyuni, Ledya Oktavia Liza, Psychological climate: conditioning for student organizational disease, Journal of Public Health, Volume 45, Issue 2, June 2023, Pages e387–e389, https://doi.org/10.1093/pubmed/fdad011

Nurliana Nasution, Yuvi Darmayunta, & Wahyuni, S. (2023). SOSIALISASI APLIKASI PELAPORAN TITIK SAMPAH (STUDI KASUS KELURAHAN LIMBUNGAN PEKANBARU) . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 40-48. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.12253

Dwirianto, S., & Sri Wahyuni. (2022). Learning Motivation of Children: Viewed from the Socio-Economic Aspect . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.11110

Putri, A. A., Fadillah, S., & Wahyuni, S. (2021). SOSIALISASI KARTU MENUJU SEHAT (KMS) ONLINE DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR. Jurnal ABDI PAUD, 2(2), 44–47. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19607

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2.

Thadeo, G., Kusuma, A., Wirawan, I. M. A., & Arthana, I. K. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Jenis-Jenis Ikan Berbasis Virtual Reality Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika | 295. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6, 294–304.

Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523

Warsinah, J. (2011). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Untuk pendidikan Karakter. Jurnal Teknodik, 15, 170–178.

Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1, 34–40.

Zubaida. (2016). Implementasi pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Madaniyah, 1, 124–142.

Published
2022-04-13
How to Cite
Ananda, B., Susun Nayati Nasution, & Santa Idayana Sinaga. (2022). Pengembangan Komik Subtema Binatang di Hutan terhadap Karakter Anak Usia Dini : Bestasa Ananda, Susun Nayati Nasution, Santa Idayana Sinaga. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 129-142. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8824
Abstract viewed = 340 times
Pdf downloaded = 0 times