Pengembangan Permainan KORA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Di KB Al-Hafiizh Tahun 2021
Regina Mellisa , Darwin Effendi, Melinda Puspita Sari Jaya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun dengan mengembangkan permainan kora. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research & Development/RND). Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 Tahun KB Al-Hafiizh sebanyak 16 anak. Langkah-langkah meliputi pengumpulan informasi awal melalui observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Perencanaan, Pengembangan produk awal dengan menyiapkan alat dan bahan pembuatan produk. Uji coba awal dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media,dan setelah itu di revisi produk. Uji coba lapangan ke anak dengan sampel 16 anak kelompok B di KB AL-HAFIIZH. Dan revisi produk akhir dengan mengikuti saran ahli materi dan ahli media.
Hasil dari validasi ahli materi yaitu mendapatkan 4,16 untuk nilai rata-rata dan 89,1 untuk persentase dan sangat valid, sedangkan untuk ahli media mendapatkan 3,43 untuk nilai rata-rata dan 93,3 untuk persentase dan sangat valid. Maka hasil penelitian ini berupa pengembangan produk/permainan KORA untuk anak usia 5-6 Tahun.
Kata Kunci : Permainan KORA, Kemampuan Berpikir Logis, Anak Usia Dini
Abstract
This study aims to determine the increase in logical thinking skills of children aged 5-6 years by developing a Kora game. This type of research uses research and development (RND). The sample in this study was children aged 5-6 years KB Al-Hafiizh as many as 16 children. The steps include collecting initial information through observation, questionnaires, documentation, and tests. Planning, Initial product development by preparing tools and materials for product manufacture. The initial trial was validated by material experts and media experts, and after that the product was revised. Field trials to children with a sample of 16 children in group B in AL-HAFIIZH KB. And revise the final product by following the advice of material experts and media experts.
The results of the material expert validation are getting 4.16 for the average value and 89.1 for the percentage and are very valid, while for media experts it is 3.43 for the average value and 93.3 for the percentage and very valid. So the result of this research is the development of KORA products/games for children aged 5-6 years.
Keywords: KORA Games, Logical Thinking Skills, Early Childhood
Downloads
References
Agusniatih, A., & Monepa, J. M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Teori Dan Metode Pengembangan). Edu Publisher.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development Uji Produk Kuantitatif Dan Kualitatif Proses Dan Hasil. Literasi Nusantara.
Hanifah, M., & Syah Khalif Alam. (2019). Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis Matematis Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lotto Di Kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6).
Hikmah, N., & Zahro, I. F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Melalui Metode Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 85–92.
Juliana, Ali, M., & Miranda, D. (2015). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Melalui Permainan Kotak Misteri Di TK Immanuel Pontianak. Jurnal UNTAN Vol 2.
Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Kencana.
Kusmiati, Muhammad Ali, H. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Permainan Kotak Raba Dan Bisik Berantai Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelas B1 TK Negeri Pembina Kapuas Hulu. Pendidikan Anak Usia Dini UNTAN Pontianak, 1, 1–17. Https://Doi.Org/10.12987/9780300242546-005
Lara Oktavia, S. (2019). Efekttivitas Permainan Kotak Perabaan Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Daud Kholifatulloh Padang. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 72–86.
Novitasari, U. N., Safitri, D., & Saptiwi, N. A. (2020). Strategi Pengembangan Kemampuan Berpikir Logis Dengan Menggunakan Game Petualangan Digital Di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 67–75.
Oktavia, L., & Ismet, S. (2019). Efektivitas Permainan Kotak Perabaan Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Ditaman Kanak-Kanak Islam DAUD Kholifatullah Padang. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 84.
Permatasari, D., Rohaeti, E., & Westhisi, S. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ceria, 2(2), 230–236.
Poppyariyana, A. A., & Munajat, A. (2020). Pengaruh Permainan Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1. Https://Doi.Org/10.24235/Awlady.V6i1.5779
Pratama, W. (2014). Game Adventure Misteri Kotak Pandora. Jurnal Matematika, 30.
Rohmawati, F. & N. K. (2019). Pengaruh Permainan Magic Box Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Bentuk Dan Warna Anak Kelompok A Di Tk Budi Luhur Surabaya. UNESA, 1–7.
Sandy, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Magic Box Plinko Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Ekosistem Untuk Siswa Kelas V Sdn Lakarsantri Iii Surabaya. JPGSD, 06, 2084–2093.
Septiria, D. (2020). Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok Bermain Melalui Alat Permainan Edukatif Magic Box. IAIN Bengkuluain Bengkulu.
Simamora, L. H., Hasibuan, H. B., & Lubis, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Ra Al-Fajar Medan Denai. Jurnal Raudhah, 104.
Sriningsih, N. N., Ardana, I. K., & Tirtayani, L. A. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Kelompok B Paud Kumara Asri, Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 95–104. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JJPAUD/Article/View/11592 Data : 19-20-02
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Kencana.
Veryawan, Tan, M., & Syarfin, S. (2021). Kegiatan Bermain Kotak Ajaib (Magic Box) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 44.
Copyright (c) 2022 Regina Mellisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.