KEPEMIMPINAN, TRANFORMASI DIGITAL DAN MINDSET DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

  • junaidah Arsyad Universitas Negeri Padang
  • Giatman Universitas Negeri Padang
  • Hasan Maksum Universitas Negeri Padang
Keywords: Kepemimpinan, Transformasi Digital, Mindset

Abstract

Kepemimpinan adalah standar perilaku yang digunakan seorang pemimpin ketika mencoba mempengaruhi perilaku orang lain. Ketika proses kepemimpinan berlangsung, pemimpin menerapkan gaya kepemimpinan tertentu. Dengan kata lain, pada saat proses kepemimpinan berlangsung dapat diketahui penerapan dua dimensi gaya kepemimpinan; baik berupa pola perilaku tugas maupun pola perilaku toleransi. Pemimpin digital memiliki visi yang jelas dan memahami bagaimana teknologi dan data dapat membantu mewujudkan visi tersebut. Menggunakannya untuk mencapai tujuan institusi. Pemimpin digital juga memiliki tugas untuk membimbing rekan-rekannya agar dapat menggunakan teknologi informasi dalam implementasi transformasi digital. Metode Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data  melalui  penyebaran angket kuisioner dengan skala Likert. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Primer dengan populasi sebanyak 40 orang tenaga pendidik dan Kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah perspektif dan konsep kepemimpinan dan tranformasi digital yang mampu merubah dan menumbuh kembangkan mindset anggota untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep kepemimpinan tranformasional di era digital ini mampu menggiring perubahan mindset pendidik dan tenaga kependidika untuk bisa beradaptasi terhadap perkembangan dan kebutuhan organisasi dan siap untuk menjadi agen perubahan teknologi digital.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-05
How to Cite
Arsyad, junaidah, Giatman, & Maksum, H. (2023). KEPEMIMPINAN, TRANFORMASI DIGITAL DAN MINDSET DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 4, 80 - 89. https://doi.org/10.31849/zn.v4i.12642
Abstract viewed = 246 times
PDF downloaded = 929 times