SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK PENILAIAN TUGAS AKHIR BERBASIS RUBRIK

  • Yosua Setyawan Soekamto Universitas Ciputra Surabaya
  • William William Universitas Ciputra Surabaya
  • Putu Denisa Florence Statriani Universitas Ciputra Surabaya
  • Clifton Senarto Universitas Ciputra Surabaya
  • Bryant Anthony Thauwrisan Universitas Ciputra Surabaya
  • Jonathan Isaac Tanojo Universitas Ciputra Surabaya
Keywords: Prototyping, Software Engineering, Tugas Akhir, Unified Model Language

Abstract

Dalam mata kuliah Tugas Akhir di pendidikan tinggi, seringkali terjadi penilaian yang subjektif karena berbagai hal. Untuk menghindari subjektifitas penilaian Tugas Akhir maka dinilai dengan metode peer assessment atau penilaian dengan jumlah jamak dan sebaiknya dinilai dengan bentuk rubrik. Permasalahan yang muncul dari penilaian berbentuk rubrik adalah kesulitan menyusun dan mengukur indikator kesuksesan setiap kriterianya. Permasalahan lain yang muncul adalah metode peer assessment membutuhkan sinkronisasi dan kolaborasi dari seluruh penilai di saat yang bersamaan agar penilaian yang dilakukan tidak bias. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah aplikasi sistem informasi penilaian mata kuliah tugas akhir, yang terintegrasi dan menerapkan penilaian berbasis rubrik. Oleh sebab itu dipilih aplikasi berbasis web sehingga dapat dilakukan secara integrasi antar penilai, kemudian dibangun desain sistem yang memadai untuk penilaian berbasis rubrik tersebut. Dalam penelitian ini diterapkan kaidah software engineering dan metode prototyping. Hasil uji coba dengan black box testing menunjukkan penelitian ini berhasil menjawab permasalahan yang ada dengan baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-08
How to Cite
Soekamto, Y. S., William, W., Florence Statriani, P. D., Senarto, C., Thauwrisan, B. A., & Tanojo, J. I. (2023). SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK PENILAIAN TUGAS AKHIR BERBASIS RUBRIK. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5(2), 274 -286. https://doi.org/10.31849/zn.v5i2.13860
Abstract viewed = 127 times
PDF downloaded = 115 times