EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D PADA BUKU TEMA 5 KELAS 1

Keywords: Media pembelajaran, Tematik, Linkert

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi 2D untuk anak kelas 1 berdasarkan buku tema 5. Untuk mengetahui tingkat penggunaan media pembelajaran yang dihasilkan maka penelitian yang dilakukan bersifat kuantitatif dengan subjek penelitian murid kelas 1 SD 019 Dumai. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Instrument penelitian dilakukan melalui penyebaran kuesioner untuk menguji kelayakan produk kepada peserta didik dan teknik analisis data menggunakan metode skala likert. Hasil penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran menggunakan animasi, suara, text dan gambar disertai soalan Latihan. Penilaian terhadap produk media didasarkan pada dua hal, yakni: (1) dari segi isi materi pelajaran, media ini memperoleh kategori sangat layak dengan persentase pencapaian 92,23%; dan (2) dari segi media pembelajaran, media ini memperoleh kategori sangat layak, dengan persentase pencapaian 80,42%. Oleh karena itu, produk media pembelajaran video ini memiliki validitas yang baik dan pantas digunakan dalam proses pembelajaran tematik tema 5 untuk kelas 1.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-12
How to Cite
Yuliati, T., & Handayani, T. (2023). EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D PADA BUKU TEMA 5 KELAS 1. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5(2), 287 - 300. https://doi.org/10.31849/zn.v5i2.14185
Abstract viewed = 107 times
PDF downloaded = 98 times