IMPLEMENTASI METODE CERTAINTY FACTOR (CF) PADA APLIKASI SEHAT ORGANIK DALAM MENDIAGNOSA PENYAKIT

  • Desi Anggreani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Lukman Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Certainty Factor, Herbal, Hipertensi, Gunjal

Abstract

Kesehatan merupakan aspek kunci keberhasilan hidup, dengan tubuh sehat sebagai tanda terhindar dari penyakit. Permasalah kesehatan mengalami transisi pola dimana penyakit yang pada awalnya didominasi oleh penyakit menular dan saat ini telah berpindah ke Penyakit Tidak Menular (PTM). Penyakit yang tidak menular berupa kanker, ginjal, hipertensi, diabetes dan lain sebagainya. Aplikasi sehat organik menghubungkan pasien dengan ahli kesehatan untuk melakukan konsultasi. Pembaruan dari penelitian ini aplikasi dilengkapi dengan informasi rinci pengobatan secara kimia dan pengobatan secara herbal dengan memanfaatkan tanaman obat-obatan. Metode Certainty Factor (CF)digunakan dalam proses diagnosa penyakit berdasarkan gejala yang dirasakan oleh pasien. Berdasarkan implemntasi dan pengujian yang dilakukan aplikasi sehat organik memiliki persentase nilai keyakinan diagnosa penyakit mencapai 91%. Menggunakan 10 pengguna berdasar pada penilaian pakar dan penilaian sistem diperoleh nilai akurasi dalam proses diagnosa mencapai 80%. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam penanganan dini penyakit tidak menular dan memberikan pemahaman lebih mendalam tentang penyakit tersebut.

Health is a pivotal determinant of life success, with a healthy body serving as a marker of disease prevention. Health issues are undergoing a transition where diseases, initially dominated by infectious ones, have now shifted towards Non-Communicable Diseases (NCDs). Non-communicable diseases encompass conditions such as cancer, kidney disorders, hypertension, diabetes, and more. An organic health application establishes a connection between patients and healthcare experts for consultations. An update in this research introduces a comprehensive application that provides detailed information on chemical and herbal treatments, utilizing medicinal plants. The Certainty Factor (CF) method is employed in the disease diagnosis process, relying on symptoms reported by patients. Through implementation and testing, the organic health application achieves a diagnostic confidence level of 91%. An evaluation involving 10 users, based on expert and system assessments, yields an 80% accuracy in the diagnostic process. This application is expected to offer benefits in the early management of non-communicable diseases and provide a deeper understanding of these health issues.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-29
How to Cite
Desi Anggreani, & Lukman. (2024). IMPLEMENTASI METODE CERTAINTY FACTOR (CF) PADA APLIKASI SEHAT ORGANIK DALAM MENDIAGNOSA PENYAKIT. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 61 - 71. https://doi.org/10.31849/zn.v6i1.17877
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 3 times