ANALISIS ENGAGEMENT RATE PADA INSTAGRAM UNIVERSITAS LANCANG KUNING

  • Ahmad Ade Irwanda Universitas Lancang Kuning
  • Wentisasrapita Abiyus Universitas Lancang Kuning
  • Andrie Herdiansyah Universitas Lancang Kuning
  • Yogo Turnandes Universitas Lancang Kuning
  • Fitri Juliani Universitas Lancang Kuning
Keywords: Media Sosial, Engagement Rate, Instagram

Abstract

Menurut data We Are Social, jumlah Pengguna Media Sosial Aktif: 4,76 milyar (naik 137 juta atau 3% dari tahun 2022) pada Januari 2023, dengan 167 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Instagram telah muncul sebagai salah satu platform jejaring sosial paling populer. Menurut hasil survei yang dilakukan pada tahun 2023 oleh We are Social dan Hootsuite, 60,4% penduduk di Indonesia menggunakan media sosial, khususnya Instagram. Berdasarkan data kuesioner pada Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lancang Kuning menunjukkan bahwa instagram salah satu media promosi yang banyak dipilih calon mahasiswa ketika mengetahui informasi tentang Universitas Lancang Kuning selain dari media promosi mulut ke mulut Untuk mengetahui tingkat interaksi pada akun postingan tertentu di media sosial dapat dilakukan dengan menghitung Engagement Rate. Engagement Rate adalah metrik yang menunjukkan seberapa baik kinerja akun media sosial dalam kaitannya dengan jumlah pengikut yang dimilikinya. Berdasarkan hasil perhitungan engagement rate dapat diketahui bahwa jumlah 1366 post dari akun @infounilak, engagement rate tipe konten carousel  7,29%, engagement rate tipe konten video 6,32% dan engagement rate tipe konten foto 5,51%. Untuk akun Instagram Universitas Lancang Kuning @infounilak yang memiliki 20.900 Follower memiliki kualitas engagement rate standar tinggi untuk semua tipe konten

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-29
How to Cite
Irwanda, A. A., Abiyus , W., Herdiansyah, A., Turnandes, Y., & Juliani, F. (2024). ANALISIS ENGAGEMENT RATE PADA INSTAGRAM UNIVERSITAS LANCANG KUNING. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 6(2), 390 - 399. https://doi.org/10.31849/zn.v6i2.17904
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)