PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU PADA BIMBEL INTENSIF SBMPTN NURUL FIKRI BERBASIS WEB

  • Arman Arman STMIK Indonesia Padang
  • Ilham Tri Maulana STMIK Indonesia Padang
  • Sotar Sotar STMIK Indonesia Padang
  • Novita Sari STMIK Indonesia Padang
Keywords: sistem informasi, pendaftaran siswa baru, berbasis web

Abstract

Nurul  Fikri  lembaga  bimbingan  belajar  nonformal  yang  cukup  terkenal  dikota  Padang, Tidak sedikit masyarakat yang mempercayai lembaga ini sebagai sumber belajar tambahan bagi putra putrinya untuk bimbel Intensif SBMPTN, baik dari kota Padang maupun dari luar daerah seperti Dharmasraya, Solok, Payakumbuh dan kota lainnya di Sumatra Barat. jumlah siswa diNurul Fikri padang selalu bertambah setiap tahunnya. proses pendaftaran yang dilakukan pun masih berupa metode manual, masalah yang dihadapi Nurul Fikri adalah Siswa yang akan mendaftar harus datang secara langsung. Data yang masuk dan tersimpan tentunya masih kurang efektif serta besar kemungkinan hilangnya atau rusaknya data. Maka dibutuhkan sebuah sistem informasi pendaftaran siswa bimbel intensif SBMPTN online dengan sehingga pendaftaran menjadi lebih mudah dan cepat. Sistem pendaftaran secara online  yang dirancang menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan pengembangan perangkat lunak menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan model air terjun (waterfall), dengan bahasa pemograman PHP, MySQL sebagai database. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem informasi pendaftaran online untuk calon siswa sehingga tidak kesulitan lagi untuk mendaftar diNurul fikri padang  karena pendaftaran sudah melalui apilikasi website

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-07
How to Cite
Arman, A., Tri Maulana, I., Sotar, S., & Sari, N. (2020). PERANCANGAN USER INTERFACE SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU PADA BIMBEL INTENSIF SBMPTN NURUL FIKRI BERBASIS WEB. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 22 - 33. https://doi.org/10.31849/zn.v2i1.3739
Abstract viewed = 1409 times
PDF downloaded = 1040 times