PERANCANGAN APLIKASI FLASHCARD DIGITAL SEBAGAI MEDIA LATIHAN IDENTIFIKASI OBJEK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERBASIS ANDROID

  • Nirwana Universitas Dipa Makassar
  • Asmah Akhriana Universitas Dipa Makassar
  • Sitti Aisa
  • Achmad Teguh Saputro
Keywords: Flash Card, Anak Berkebutuhan Khusus, Terapis, Android, Black Box

Abstract

Flashcard adalah kartu yang memuat informasi di kedua sisi, yang dimaksudkan untuk digunakan sebagai alat bantu dalam menghafal. Dalam dunia terapis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Flashcard dikembangkan untuk dapat menstimulasi perkembangan dan pemahaman ABK terhadap suatu objek bahkan situasi. Namun bentuk Flashcard secara fisik cukup rumit untuk dibawa bepergian, terapis juga akan terbatas pada kata yang tersedia dari pabrik saja, dengan kata lain terapis tidak bisa menambahkan kata-kata sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi Android yang dapat membantu terapis untuk lebih mudah membawa dan mengembangkan media Flashcard, dimana pun dan kapan pun. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan UML sebagai landasan perancangan sistemnya dan menggunakan Android Studio 2019 untuk mengimplementasikan rancangan sistem menjadi aplikasi jadi. Aplikasi ini diuji dengan dua metode pengujian yakni Pengujian Black Box untuk menguji fungsionalitas input/output aplikasi dan pengujian oleh pengguna untuk menilai kelayakan guna aplikasi. Setelah dilakukan pengujian, dapat ditarik hasil bahwa aplikasi Flashcard Digital ini dapat berjalan dengan normal dan dinyatakan menjawab permasalahan efisiensi ruang dan pengembangan pada pihak terapis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-19
How to Cite
Nirwana, Asmah Akhriana, Sitti Aisa, & Achmad Teguh Saputro. (2022). PERANCANGAN APLIKASI FLASHCARD DIGITAL SEBAGAI MEDIA LATIHAN IDENTIFIKASI OBJEK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERBASIS ANDROID. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 4(1), 42 - 51. https://doi.org/10.31849/zn.v4i1.9325
Abstract viewed = 514 times
PDF downloaded = 443 times