PERANCANGAN APLIKASI FLASHCARD DIGITAL SEBAGAI MEDIA LATIHAN IDENTIFIKASI OBJEK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERBASIS ANDROID
Abstract
Flashcard adalah kartu yang memuat informasi di kedua sisi, yang dimaksudkan untuk digunakan sebagai alat bantu dalam menghafal. Dalam dunia terapis Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Flashcard dikembangkan untuk dapat menstimulasi perkembangan dan pemahaman ABK terhadap suatu objek bahkan situasi. Namun bentuk Flashcard secara fisik cukup rumit untuk dibawa bepergian, terapis juga akan terbatas pada kata yang tersedia dari pabrik saja, dengan kata lain terapis tidak bisa menambahkan kata-kata sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi Android yang dapat membantu terapis untuk lebih mudah membawa dan mengembangkan media Flashcard, dimana pun dan kapan pun. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan UML sebagai landasan perancangan sistemnya dan menggunakan Android Studio 2019 untuk mengimplementasikan rancangan sistem menjadi aplikasi jadi. Aplikasi ini diuji dengan dua metode pengujian yakni Pengujian Black Box untuk menguji fungsionalitas input/output aplikasi dan pengujian oleh pengguna untuk menilai kelayakan guna aplikasi. Setelah dilakukan pengujian, dapat ditarik hasil bahwa aplikasi Flashcard Digital ini dapat berjalan dengan normal dan dinyatakan menjawab permasalahan efisiensi ruang dan pengembangan pada pihak terapis.