PENYIMPANAN ARSIP DINAMIS AKTIF DI BIDANG KEARSIPAN DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  • Suci Permata Universitas Negeri Padang
  • Elva Rahmah Universitas Negeri Padang,
Keywords: active dynamic archive, archive storage

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana prosedur penyimpanan arsip dinamis aktif di bidang kearsipan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman dan untuk mendeskripsikan apa saja kendala yang dihadapi oleh bidang kearsipan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman dalam penyimpanan arsip dinamis aktif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyimpanan arsip dinamis aktif di bidang kearsipan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Padang Pariaman menggunakan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) dalam Pelaksanaan Pemberkasan Arsip sebagai pedoman dalam pelaksanaan pemberkasan arsip di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman, Hal ini bertujuan memudahkan arsiparis dalam penemuan kembali arsip di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman dengan cepat, tepat, aman dan efisien. Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penyimpanan arsip dinamis aktif yaitu pertama, kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) dalam penyimpanan arsip dinamis aktif, Kedua tempat yang kurang memadai.

 

Kata kunci: arsip dinamis aktif, penyimpanan arsip

 

Abstract

The purpose of this study is to describe how the dynamic archive storage procedures are active in the archives field of the Padang Pariaman District Archives and Library and to describe what are the obstacles faced by the archives in the Padang Pariaman District Archives Office in active dynamic archive storage. The research method used by researchers is the method of library research and field studies which include observation, interviews and documentation. The results showed that dynamic archive storage was active in the field of archives in the Office of Archives and District Library. Padang Pariaman uses Norms, Standards, Procedures and Criteria (NSPK) in the Implementation of Archives Filing as a guideline in the filing of archives in the Padang Pariaman District Archives and Library Service. Pariaman is fast, precise, safe and efficient. There are several obstacles faced in active dynamic archive storage, namely first, the lack of HR (Human Resources) in active dynamic archive storage, Second, inadequate places.

Keyword: active dynamic archive, archive storage

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Mardiah. 2012. Penyimpanan Arsip Dinamis Aktif Di Bagian Tata Usaha Sma Pertiwi 1 Kota Padang Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 1, No. 1, September2012.

Asriel, Armida Silvia. 2018. Manajemen Kearsipan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. Jakarta: Arsip Nasional Republik Indonesia.

Rahayu, S. H. Pudji. 2014. Pengelolaan Arsip Dinamis Dalam Meningkatkan Sistem Informasi Manajemen Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten BanjarnegaraEconomic Education Analysis Journal 3 (3) (2014).

Sugiarto, Agus dan Teguh Wahyono. 2015. Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiarto, Agus dan Teguh Wahyono. 1997. Manajemen Kearsipan Modern. Yogyakarta: Gava Media.

Published
2020-07-04
How to Cite
Permata, S., & Rahmah, E. (2020). PENYIMPANAN ARSIP DINAMIS AKTIF DI BIDANG KEARSIPAN DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Pustaka Budaya, 7(2), 91-96. https://doi.org/10.31849/pb.v7i2.3911
Section
Articles
Abstract viewed = 1720 times
PDF downloaded = 1638 times