IDENTIFICATION OF GENDER-BASED STUDENT MISCONCEPTION USING CRI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX IN PHOTOSINTESIS CONCEPT AND PLANT RESPIRATION
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa berdasarkan gender menggunakan Certainty of Respons Index (CRI) pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan di kelas VII MTs Darul Muqomah Pekanbaru T.A 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan November 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dalam bentuk analisis deskriptif non-statistik. Sampel penelitian yang yaitu siswa kelas VII-1 (putra) berjumlah 28 siswa dan kelas VII-2 (putri) berjumlah 21 siswa dengan total sampel 49 siswa, dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data ini diperoleh dari hasil konsepsi siswa putra dan siswa putri dari pemberian tes berupa pilihan ganda dengan menggunakan lembar jawaban Certainty of Respons Index (CRI) dengan skala keyakinan 0-5. Miskonsepsi konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan siswa putra sebesar 36,49% dengan kategori sedang dan siswa putri sebesar 30,23% dengan kategori sedang.
Downloads
References
Cokadar, Hulusi. (2012). Photosynthesis and Respiration Processes : Prospective Teacher’s Conception Level. Education and sceince Journal: 37 (164):82-94
Dahar, Ratna. Willis. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Hasan, S., D. Bagayoko, D., and Kelley, E. L., (1999). Misconseptions and the Certainty of Response Index (CRI). Phys. Educ. 34 (5) p. 294 - 299.
Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Murni, Dewi. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Konsep Substansi Genetika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Jurnal Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. 205-211: (online).Tersedia:https//fmipa.unila.ac.id. [13 Oktober 2018].
Puspitasari, Pipit. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Pendidikan Biologi. (online). Tersedia:http://digilib.unila.ac.id.html. [12 Januari 2019].
Ramdiah, S. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R diintegrasikan Peta Konsep dan Gender terhadap Keterampilan Metakoqnitif, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif Biologi, dan Retensi Siswa SMA di Kota Banjarmasin. Malang. Disertasi Tidak diterbitkan. : PPs UM.
Slameto. (2003). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.
Copyright (c) 2019 Bio-Lectura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.