PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DIPADUKAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI KELAS VIII SMPN 19 PEKANBARU T.A 2017/2018
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dipadukan model Inside Outside Circle (IOC) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi fotosintesis di kelas VIII SMPN 19 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Disain penelitian yang digunakan adalah the matching only pretest posttest control group desaign. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.2 berjumlah 36 orang dan siswa kelas VII.1 berjumlah 35 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, angket minat, serta lembar aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan Uji-t independent 2 samples. Rerata N-gain pada kelas kontrol adalah 0.39 (kategori sedang) dan pada kelas eksperimen adalah 0.67 (kategori sedang). Rerata angket pada kelas kontrol adalah 45,57 dan pada kelas eksperimen adalah 62,61. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dipadukan model Inside Outside Circle (IOC) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi fotosintesis di kelas VIII SMPN 19 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018.
Downloads
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.