IDENTIFIKASI POLA MISKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP MEKANISME EVOLUSI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi mahasiswa calon guru biologi pada ko nsep Mekanisme Evolusi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek mahasiswa calon guru biologi dari salah satu universitas swasta di provinsi Riau. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang dilengkapi dengan Certainty of response Index (CRI) diberikan sebanyak dua kali (pretest dan posttest) untuk mendapatkan pola miskonsepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan konsepsi mahasiswa yang berupa paham konsep (PH), tidak paham konsep (TP), miskonsepsi (MK) dan menebak (MB). Konsepsi pada pretest dan posttest membentuk tujuh pola miskonsepsi yaitu MK-PH, PH-MK, TP-MK, MK-TP, MK-MK, MK-MB dan MK-MB. Ditemukan semua mahasiswa mengalami miskonsepsi dengan rata-rata persentase mahasiswa sebesar 26,9%. Pola miskonsepsi yang paling banyak terjadi adalah pola TP- MK sebesar 37,5%. Mahasiswa mengalami miskonsepsi pada subkonsep variasi genetik, subkonsep teorema Hardy-Weinberg, dan subkonsep seleksi alam. Miskonsepsi terbesar terjadi pada subkonsep variasi genetik.
Downloads
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.