PENGGUNAAN PENALARAN PILIHAN GANDA TES UNTUK MENGANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TANAMAN
Abstract
Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan merupakan salah satu konsep yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena memiliki banyak penjelasan yang bersifat abstrak, sehingga dapat memicu terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi siswa pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek siswa kelas VII MTs Darul Muqomah Pekanbaru. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling, yang melibatkan seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 49 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas VII-Putra dan 21 siswa dari kelas VII-Putri. Data tes diagnostik dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda beralasan terbuka untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa kedalam paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi teridentifikasi pada indikator tentang menentukan zat yang diperlukan dan dihasilkan pada saat proses fotosintesis dan faktor yang mempengaruhinya dengan presentase 31,78% (kategori sedang), menyatakan pembuktian percobaan mengenai fotosintesis dan organel yang terlibat dengan presentase 30,36% (kategori rendah), dan menentukan zat yang digunakan pada proses respirasi dan organel yang terlibat didalamnya dengan presentase 36,23% (kategori sedang). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Miskonsepsi siswa tertinggi terjadi pada indikator tentang menentukan zat yang digunakan pada proses respirasi dan organel yang terlibat didalamnya.
Downloads
References
Afidah, M. (2017). Identifikasi Pola Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Mekanisme Evolusi Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri). Bio-Lecture Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (2), 1-12: [online]. Tersedia: https://www.unilak.ac.id/media/file/77802842250Artikel_MARATUL_AFIDAH. pdf [ 5 September 2018].
Ariandini, D., Anggraeni, S., Aryani, A. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Fotosintesis Melalui Analisis Gambar. Jurnal Pengajaran MIPA. 18 (2), 178-184: [online]. Tersedia:http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/inde [ 5 September 2018].
Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Grafindo Persada: Jakarta.
Cokadar., H. (2012). Photosynthesis and Respiration Processes : Prospective Teachers’ Conception Level. Education and Science Journa.l 37 (164) : [Online]. Tersedia:http://egitimvebilim.ted.org.tr.index.php/EB/article/dwonload/391/365 [3 Oktober 2018].
Depdiknas. (2007). Tes Diagnostik. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Hasan, S., Bagayoko, D., dan Kelley, E.L. (1999). Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Physics Education. 34 (5), 294-299: [online]. Tersedia: http://iopscience.iop.org/0031-9120/34/5/304 [26 Juli 2018].
Muchtar, Zainuddin, dan Harizal. (2012). Analyzying of Studen’s Misconception on Acid Base Chemistry at Senior High Schools in Medan. Jurnal of Education and Practice. 3 (15) : [online]. Tersedia: http://digilib.unimed.ac.id/398/ [ 25 Juli 2018].
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Professional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Slameto. (2003). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta : Jakarta.
Samiha, Y.T., Agusta, E., Rolahnoviza, G. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Pendopo. Bioilmi. 3 (1), 38-46: [online]. Tersedia: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi/article/view/1338 [ 25 Juli 2018].
Siswana, R., Armen, Helendra. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Materi Fotosintesis pada Siswa Kelas IX SMPN 7 Padang Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Journal Biosains.1 (2), 277-284: [online]. Tersedia:http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/dwonload/355/59 [ 7 Agustus 2018].
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta :Bandung.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Grasindo: Jakarta.
Copyright (c) 2019 Bio-Lectura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.