PENGGUNAAN PENALARAN PILIHAN GANDA TES UNTUK MENGANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TANAMAN

  • Maratul Afidah Universitas Lancang Kuning
  • Latifah Nurkhasanah Universitas Lancang Kuning
Keywords: Miskonsepsi, tes pilihan ganda beralasan terbuka, fotosintesis dan respirasi tumbuhan

Abstract

Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan merupakan salah satu konsep yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena memiliki banyak penjelasan yang bersifat abstrak, sehingga dapat memicu terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap miskonsepsi siswa pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek siswa kelas VII MTs Darul Muqomah Pekanbaru. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling, yang melibatkan seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 49 siswa yang terdiri dari 28 siswa kelas VII-Putra dan 21 siswa dari kelas VII-Putri. Data tes diagnostik dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda beralasan terbuka untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa kedalam paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi teridentifikasi pada indikator tentang menentukan zat yang diperlukan dan dihasilkan pada saat proses fotosintesis dan faktor yang mempengaruhinya dengan presentase 31,78% (kategori sedang), menyatakan pembuktian percobaan mengenai fotosintesis dan organel yang terlibat dengan presentase 30,36% (kategori rendah), dan menentukan zat yang digunakan pada proses respirasi dan organel yang terlibat didalamnya dengan presentase 36,23% (kategori sedang). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Miskonsepsi siswa tertinggi terjadi pada indikator tentang menentukan zat yang digunakan pada proses respirasi dan organel yang terlibat didalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, M.R., Grzybowski, E.B., Renner, J.W., and Marek, E.A. (1992). Understanding and Misunderstanding of Five Chemistry Concepts Found in Texbooks. Journal of Research in Science Teaching. 29 (2): [online]. Tersedia: https://onlinelibrary .wiley.com/doi/pdf/10.1002/tea.3660290203 [ 25 Juli 2018].

Afidah, M. (2017). Identifikasi Pola Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Mekanisme Evolusi Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri). Bio-Lecture Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (2), 1-12: [online]. Tersedia: https://www.unilak.ac.id/media/file/77802842250Artikel_MARATUL_AFIDAH. pdf [ 5 September 2018].

Ariandini, D., Anggraeni, S., Aryani, A. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Fotosintesis Melalui Analisis Gambar. Jurnal Pengajaran MIPA. 18 (2), 178-184: [online]. Tersedia:http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/inde [ 5 September 2018].

Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Grafindo Persada: Jakarta.

Cokadar., H. (2012). Photosynthesis and Respiration Processes : Prospective Teachers’ Conception Level. Education and Science Journa.l 37 (164) : [Online]. Tersedia:http://egitimvebilim.ted.org.tr.index.php/EB/article/dwonload/391/365 [3 Oktober 2018].

Depdiknas. (2007). Tes Diagnostik. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Hasan, S., Bagayoko, D., dan Kelley, E.L. (1999). Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Physics Education. 34 (5), 294-299: [online]. Tersedia: http://iopscience.iop.org/0031-9120/34/5/304 [26 Juli 2018].

Muchtar, Zainuddin, dan Harizal. (2012). Analyzying of Studen’s Misconception on Acid Base Chemistry at Senior High Schools in Medan. Jurnal of Education and Practice. 3 (15) : [online]. Tersedia: http://digilib.unimed.ac.id/398/ [ 25 Juli 2018].

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Professional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Remaja Rosda Karya: Bandung.

Slameto. (2003). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta : Jakarta.

Samiha, Y.T., Agusta, E., Rolahnoviza, G. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Pendopo. Bioilmi. 3 (1), 38-46: [online]. Tersedia: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi/article/view/1338 [ 25 Juli 2018].

Siswana, R., Armen, Helendra. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Materi Fotosintesis pada Siswa Kelas IX SMPN 7 Padang Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Journal Biosains.1 (2), 277-284: [online]. Tersedia:http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/issue/dwonload/355/59 [ 7 Agustus 2018].

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta :Bandung.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Grasindo: Jakarta.
Published
2019-05-20
How to Cite
Afidah, M., & Nurkhasanah, L. (2019). PENGGUNAAN PENALARAN PILIHAN GANDA TES UNTUK MENGANALISIS MISKONSEPSI PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TANAMAN. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.31849/bl.v6i1.2680
Section
Article
Abstract viewed = 1134 times
Maratul Afidah downloaded = 15592 times