PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA NURUL FALAH PEKANBARU

  • Rikizaputra Rikizaputra
  • Yayuk Purniati
Keywords: Kata kunci : keterampilan proses sains, pembelajaran berbasis proyek, sistem gerak

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem gerak kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2016 di SMA Nurul Falah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan weak-experimental dengan  desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI1 dengan jumlah siswa 30 siswa, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan melalui pretest, posttest dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan rerata N-Gain 0.71 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil analisis uji paired samples t test terhadap pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem gerak kelas XI SMA Nurul Falah Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-25
How to Cite
Rikizaputra, R., & Purniati, Y. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA NURUL FALAH PEKANBARU. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2). https://doi.org/10.31849/bl.v4i2.401
Section
Article
Abstract viewed = 440 times
Rikizaputra pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2